Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda saat memberikan arahan kepada UMKM di Kecamatan Gandus

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Demi menekan angka orang miskin baru atau misbar pertumbuhan ekonomi warga khususnya Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) harus digiatkan.

Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda kembali mendatangi UMKM untuk memberikan pembinaan. Kali ini di Kecamatan Gandus notebene 50 persen warga memiliki usaha kecil seperti tokoh, warung model dan sebagainya.

“Kita terus berupaya mengunjugi UMKM agar mereka kembali menjalankan usahanya. Apapun kendalanya akan kita bantu,”ucap Wawako Selasa,(23/6)

Finda menjelaskan pandemi COVID-19 tentunya membuat pihaknya khawatir dengan kehidupan warga sehingga beragam bantuan telah diberikan. Bahkan Finda sendiri intensif mengunjungi warga dengan memberikan ratusan sembako kepada warga.

“Kemarin mereka tidak bisa beraktifitas sekarang waktunya kembali UMKM harus bangkit. Makanya saya datang kesini Kecamatan Gandus untuk mendengar keluhan mereka agar kita bisa memberikan keringanan baik modal dan sebagainya,”tuturnya lagi

Finda berharap perekonomian seluruh warga Kota Palembang kembali stabil hingga kaum misbar bisa hidup seperti biasanya. Terlebih lagi pemerintah telah memiliki Bank Palembang yang diharapkan bisa menyelamatkan kehidupan perekonomian warga di masa pandemi ini.

Sedangkan untuk data warga miskin di Kota Palembang ada sekitar 115 ribu. Lalu data warga miskin (misbar) baru pada penerapan PSBB pertama sekitar 32 ribu kemudian sekarang di PSBB kedua bertambah lagi 53 ribu hingga total misbar berjumlah 85 ribu.

Sementara itu Direktur Utama Bank Palembang Syafril mengatakan, pihaknya selama pandemi juga telah meringankan beban UMKM. Disebutnya saat pandemi UMKM yang telah meminjam dihentikan pembayaran sampai UMKM bisa kembali melanjutkan usaha.

“Ada nasabah kita sejak tahun 2019, pasti terdampak COVID-19 kita hentikan pembayaran. Kita berikan mereka relaksasi selama 6 bulan setidaknya sampai mereka bisa kembali membayar,”ucapnya