Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda saat meninjau dam anak sungai Borang di Kecamatan Sako

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Mendapatkan informasi ada tiga titik banjir di kawasan Kecamatan Sako ditimbulkan oleh tersumbatnya Dam aliran anak sungai Borang diduga karena warga kerap membuang sampah.

Alhasil Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda melakukan sidak ke lokasi anak sungai Borang di Jalan Bangka RT 56 Kelurahan Sako Kecamatan Sako. Saat melakukan penyisiran Finda nama sapaan Wawako menemukan dua kantong plastik sampah rumah tangga tergeletak di dalam Dam anak sungai Borang.

“Saya mengimbau masyarakat khususnya di Kecamatan Sako jangan membuang sampah di Dam. Kalau airnya terhambat karena sampah pastinya lingkungan disinilah yang berdampak banjirnya. Karena berdasarkan informasi ada tiga titik banjir yang ada di Kecamatan Sako ini,”ujarnya Rabu,(17/6)

Diakuinya memang di sepanjang Dam anak sungai Borang tidak diperkenankan menempatkan tempat pembuangan sampah (TPS). Namun hal itu disebutnya tidak lantas warga harus melemparkan sampah rumah tangga ke dalam Dam.

Dam anak sungai Borang di Kecamatan Sako

Namun solusinya pihaknya besama Kecamatan Sako tengah mempersiapkan lahan khusus untuk TPS terpadu. Ditekankannya apabila pihak pemerintah kota (Pemkot) telah membuat TPS terpadu warga ditegaskannya jangan bertindak nakal lagi dengan membuang sampah di dalam Dam sungai.

“Kita sudah carikan solusinya dengan membuat TPS terpadu memang belum bisa digunakan. Tapi apabila sudah selesai warga jangan lagi buang sampah sembarang,”pungkasnya