Detak-Palembang.com PAGARALAM – Kepolisian Kota (Polresta) Pagaralam menerjunkan 95 personel dalam mengamankan sejumlah masjid yang mengelar ibadah sholat Jumat pada masa pemberlakuan New Normal yang ada di Kota Pagaralam, Jumat (05/5/2020).  

Personel yang diterjunakan untuk mengamankan 30 masjid yang ada di lima kecamatan di Kota Pagaralam. Antara lain lima masjid di kecamatan Dempo Selatan, empat di kecamatan Dempo Tengah, enam di kecamatan Pas, sembilan di kecamatan Pau, lima di kecamatan DU. 

Selain pengamanan masjid, personel turut mengatur arus lalu lintas di sekitar wilayah masjid, serta memberikan himbauan tentang protokol kesehatan dalam melaksanakan sholat jumat masa pandemi Covid-19.

Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara S.IK M.H didamping Ps. Paur Humas, Bripka Paino S.E mengatakan, pengamanan masih berkaitan dengan pelaksanaan Ops Amanusa II terkait Pandemi Covid-19 guna mencegah menularnya wabah virus Corona di kota Pagaralam.

“Kapolres dalam hal ini menyampaikan atau menghimbau kepada pengurus masjid agar aktif dan benar-benar mengingatkan para jamaah sebelum melaksanakan sholat berjamaah agar jamaah wajib ber masker, mencuci tangan, tidak berjabat tangan dan menjaga jarak dalam beribadah sesuai ketentuan Majelis Ulama Indonesia,“ ungkap Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gunara S.Ik M.H setelah melaksanakan sholat Jumat di masjid Al Hikmah Polres Pagaralam, Jumat (05/06/2020).

Kapolres menambahkan, tujuan pengamanan adalah mewujudkan keamanan di lingkungan masjid sekaligus memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19 dan lokasi sekitar tempat pelaksanaan ibadah sholat Jumat.

Pengamanan juga sebagai antisipasi terhadap hal-hal tidak terduga di luar keinginan.

Selain pengamanan dan pengaturan lalu lintas, personel polres juga memanfaatkan kesempatan untuk melakukan upaya preventif dan preemtif kepada para pengendara motor baik roda dua maupun roda empat.

Personel Polres juga melakukan peneguran bagi jemaah atau pengendara yang tidak menggunakan helm, masker saat ibadah sholat Jumat, dan yang melintas di jalan raya dan juga mengatur lalu lintas pengendara sepeda motor saat pulang dari masjid. 

Sementara itu, Kapolsek Pagar Alam Utara, AKP. Herry Widodo, SH, melaksanakan sholat jum’at di masjid Baiturrahman di seputaran komplek Polsek Pagaralam Utara. (her)