Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sungai musi tetap menjadi idaman wisatawan apabila ingin berkunjung ke Kota Palembang. Berangkat dari hal itu Wakil Wali Kota (Wawako) berencana membuat destinasi baru bagi para wisatawan dengan konsep melihat kerajinan pembuatan kapal kayu di tepi sungai musi.

“Sungai musi sangat indah tidak ada di Kota Kota lain. Apa lagi kalau kita padukan dengan pembuatan kerajinan kapal pasti akan memancing wisatawan berkunjung ke Kota Palembang,”kata Wawako Senin,(22/6)

Wawako sendiri telah berkunjung ke Jalan Faqi Usman Kelurahan 2 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I. Dia melihat ada banyak sekali di pinggiran sungai Musi perajin kapal kayu merupakan aset berharga pemerintah apabila dibina dengan baik khususnya di objek pariwisata.

“Rencananya saya akan data semua UMKM pembuatan kerajinan kapal kayu untuk dibuatkan koperasi. Setelah di himpun mereka bisa menambah modal agar tempat lebih baik dan bisa di datangi pengunjung,”tuturnya

Finda nama sapaan Wawako mengatakan, untuk menjadi lokasi wisata tempat usaha pengrajin kapal harus tertata cukup cantik. Misalnya bengkel kapal kayu lebih bersih dan kuat, tempat lebih besar serta kuat untuk menampung pengunjung. Lalu juga kapal yang di buat di tata di depan bengkel kapal agar menambah suasana lebih elok.

“Pastinya harus bertahap untuk mewujudkan semunya ini. Karena banyak pengunjung yang ingin datang ke Palembang mau melihat sungai Musi. Nah apabila semua bisa di wujudkan tentunya tempat pembuatan kerajinan kapal akan menjadi destinasi wisata di tepi sungai Musi. Tentunya akan sangat bagus untuk memancing wisatawan lokal maupun mancanegara,”paparnya

Sebenernya Finda sengaja datang untuk memberikan semangat kepada para UMKM yang tengah tergerus di masa pandemi COVID-19. Namun melihat banyaknya pengrajin kapal kayu memberikan ide menambah varian baru bagi destinasi wisata di Kota Palembang.

“Saya juga datang memberikan tawaran untuk pengrajin kapal bisa meningkatkan lagi usahanya. Apabila diberikan modal mereka bisa menambah karyawan dan produksi kapal kayu meningkat,”pungkasnya