Detak-Palembang.com PADANG – Provinsi Riau memiliki masyarakat yang apresiatif terhadap karya seni. ‘Bumi Bertuah Negeri Beradat’ ini menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. Situasi ini membuat para pegiat nasyid dan lagu religi islami mendapat tempat khusus di hati para penikmat musiknya, sehingga mereka tumbuh dan berkembang dari daerah ini. 

Beberapa grup nasyid dan penyanyi lagu religi di Riau selain meraih kesuksesan di daerahnya sendiri, juga digilai secara nasional. Potensi yang sama juga dimiliki oleh Irfani Nasheed, grup asal Kota Pekanbaru. Mereka akan merilis singel perdana yang berjudul ‘Kekasih Pilihan’ pada bulan Juli 2020 di kanal YouTube Irfani Nasheed Official. Grup ini memiliki dua personal; Ari Saputra dan Rusdi Gunawan.

Rusdi Gunawan saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Selasa (16/6/2020), ia mengatakan, “Lagu Kekasih Pilihan bercerita tentang kisah dua orang yang saling menaruh rasa. Namun, adakah itu awal dari rasa cinta? Jika ia, maka akan lebih afdhol didiskusikan pada Allah SWT yang menumbuhkan rasa. Pesan lagu ini agar kita  mempunyai rasa syukur akan fitrah cinta yang Allah anugerahkan kepada hati manusia, sungguh itu adalah salah satu bentuk keagungan-Nya.”

Seperti dikatakan juga oleh Rusdi, lagu Kekasih Pilihan ditulis oleh Hayatun Sakinah, sahabatnya dari sama-sama di pesantren, musiknya diaransemen oleh Dhion Fanditya, digarap di Bebob Studio – Pekanbaru.

Irfani Nasheed berdiri pada 10 November 2017, didirikan oleh Adek Joko Haryanto, Dosen UIN SUSKA – Riau. Awalnya mereka diminta untuk menjadi pengisi acara Yudisium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN SUSKA – Riau. Kemudian mereka sering diberi kesempatan oleh Dekan pada universitas tersebut untuk tampil dalam berbagai acara. Akhirnya mereka memutuskan untuk mendirikan Irfani Nasheed.

Dalam perjuangan nasyid mereka, Irfani Nasheed pernah meraih Juara II lomba nasyid dalam ajang Festival Muslim Riau 2019, Juara III lomba nasyid dalam ajang BI Riau Expo & Festival Ekonomi Syariah 2019, dan Juara 2 lomba nasyid dalam ajang Nasyid Starz di Kuala Lumpur Malaysia tingkat ASEAN, berkolaborasi dengan Destinasi Nasyid 2018. Aktivitas keseharian mereka membuat lagu cover islami, mengisi acara majelis pernikahan, khitanan, akikah dan acara lainnya. Mereka juga rutin melakukan latihan dan diskusi bersama. Selain itu juga mengajar nasyid di berbagai sekolah, juga pesantren. 

“Kami ingin menjadi generasi penerus yang dapat melestarikan lagu islami, agar terus eksis di belantika musik Indonesia,” kata Rusdi.

Teaser lagu ‘Kekasih Pilihan’ dari Irfani Nasheed ada di link berikut ini;

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)