Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakam dirinya sebagai Gubernur Sumsel akan membantu pembiayaan pembuatan sertifikat tanah. Hal ini disampaikan saat menerima anjangsana Plt Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumsel Ketut Mangku di ruang tamu Gubernur, Rabu (24/06) siang.

“Ini saya sampaikan bahwa Gubernur akan  membiayai pembuatan sertifikat tanah bagi masyarakat. Nanti hal teknisnya tentu melalui BPN Sumsel. Saya ingin BPN aktif untuk persertifikatan tanah masyarakat”, tandasnya.

Pensertifikatan tersebut, lanjut HD dimaksudkan sebagai stimulan untuk menganalisasi Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) di tingkat pusat yang di daerah dapat ditindaklanjuti menjadi Proda. 

“Pembiayaannya dari Apbd. Sedangkan terkait tanah masyarakat yang akan dibiayai kita minta dari BPN terutama untuk DTKS ( Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sehingga ini benar-benar bermanfaat dan membantu masyarakat yang kesulitan mengurus sertifikat”, imbuh HD.

Dalam kesempatan tersebut HD juga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kepada Ketut Mangku yang mulai menjabat dan berdinas sebagai Plt Kakanwil BPN Sumsel terhitung sejak April 2020.

Sementara itu Ketut Mangku mengungkapkan kehadirannya Gubernur Herman Deru untuk bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan diri untuk menjalankan tugas di Sumsel. Sekaligus meminta kesediaan Gubernur Herman Deru untuk membuka acara Gugus Tugas Reforma Agraria melalui video conference pada Jumat lusa (26/02).

“Program pak Gubernur terkait proda ini bagus dan akan kami tindaklanjuti segera. Terlebih terkait DTKS sehingga bisa proda bisa terwujud,” katanya.