Kantor Pemerintah Kota Palembang di Jalan Merdeka

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Masa inkubasi penerapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB jilid II di Kota Palembang hari ini resmi berakhir. Namun pemerintah kota (Pemkot) Palembang masih memilah-milah langkah digunakan kedepan menahan penyebaran COVID-19.

Sebelumnya setelah berubah status dari zona merah ke zona orange Pemkot sepertinya tidak akan memperpanjang PSBB hingga ke jilid III. Namun berencana menentukan dua opsi. Yakni, pertama menggunakan pola PSBB transisi dan kedua opsi penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Besok baru kita pastikan mau transisi atau penegakan disiplin. Keduanya opsi itu masih kita pertimbangkan yang mana lebih baik,”kata Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda Selasa,(16/6)

Menurutnya pihaknya masih mau meminta tanggapan tim ahli terkait langkah tepat untuk opsi yang dipilih pasca PSBB jilid II berakhir. Namun Finda nama sapaan Wawako menuturkan yang kemungkinan opsi penegakan disiplin protokol kesehatan yang akan digunakan.

“Sebenernya pokok utama itu protokol kesehatan agar Palembang aman dan bisa berubah status dari orange ke zona hijau. Tentunya sesegera mungkin new normal bisa diterapkan. Mungkin jadi kita akan pilih pengelak disiplin protokol kesehatan. Tapi tetap hasil akhirnya di rapat besok lebih baik yang mana sesuai dengan pilihan yang tepat nantinya,”pungkasnya

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa menuturkan hal yang serupa. Menurut hasil rapat bersama gugus tugas COVID-19 adalah keputusan final langkah Pemkot untuk menentukan pilihan pasca rampungnya PSBB jilid II.

Lalu disebutnya dua opsi yang berkembang menjadi pilihan Pemkot transisi PSBB atau penegakan disiplin protokol kesehatan. Baginya yang lebih utamakan bagaimana secepatnya mengubah status Kota Palembang itu sendiri.

“Sebenernya itu status kita dari merah ke orange. Sekarang bagaimana kita bisa ke kuning dan ke hijau. Itu yang akan kita pilih opsi apa yang lebih tepat transisi PSBB atau penegakan disiplin protokol kesehatan. Semuanya besok akan kita putuskan,”ucapnya