Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda bersama Presma UIN Raden Fatah Palembang

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Komitmen pemerintah kota (Pemkot) untuk membangkitkan lagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) usai melempem diterpa badai pandemi COVID-19 terus dilakukan dengan beragam cara dan upaya.

Hal yang dilakukan itu salah satunya Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda bahkan mengajak kaum milenia membantu mendorong semangat para penggiat UMKM untuk kembali bangkit.

“Pemerintah sengaja mengajak kaum milenia turut membantu kami untuk mendorong UMKM kita. Banyak yang bisa dilakukan anak-anak muda khususnya mempromosikan UMKM,”kata Wawako Jumat,(19/6)

Dipaparkan Finda nama sapaan Wawako ini, kaum milenia mempunyai power untuk memperkenalkan produk lokal Palembang. Tentunya minimal targetnya produk lokal bisa menjadi primadona di Kota sendiri. Lalu umumnya juga produk Palembang bisa diterima di seluruh Indonesia hingga sampai di ekspor ke luar Negeri.

“Mereka bisa membantu kita mempromosikan baik melalui media sosial pribadi atau secara langsung ke kalangan milenia. Tentunya peran serta generasi muda sangat kita butuhkan,”ujarnya

Terlebih lagi Finda tertarik mengajak kaum milenia lebih dalam mengenal UMKM khas Palembang. Seperti kerajinan ukir kayu khas Palembang, songket serta beragam UMKM tradisional lainnya. Karena Finda mengkhawatirkan para pekerja UMKM di sektor tradisional banyak yang telah berumur. Kemudian takutnya terhenti tanpa sempat diwariskan kepada generasi muda nantinya.

“Terpenting juga mereka bisa belajar kerajinan tradisional khas Palembang. Karena jangan sampai tidak ada penerusnya. Melihat kaum milenia adalah wujud terbaik juga mempertahankan kebudayaan Kota Palembang,”pungkasnya

Sementara itu Pemkot sendiri mengandeng kaum milenia dari kalangan mahasiswa. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Raden Fatah Palembang salah satu kampus di Kota Palembang mewakili kaum milenia yang dilibatkannya.

Presiden Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Rudianto Widodo mengatakan, pola digital media adalah pilihan terbaik untuk membantu UMKM yang tengah melemah di masa pandemi COVID-19. Dia berharap kembali UMKM bergeliat lagi perekonomian Kota Palembang kembali normal.

“Kita awalnya audensi ke Pemkot dan disambut Ibu Finda. Kami berjanji akan turut membantu Ibu Finda memperkuat UMKM setelah banyak merosot saat COVID-19 kemarin,”pungkasnya