Detak-Palembang.com – Mulut adalah pintu gerbang menuju bagian dalam tubuh manusia , oleh karena itu kesehatan mulut dan gigi dapat mempengaruhi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan . Karena penyakit yang ditimbulkan tdk hanya berkaitan dengan kesehatan kita sendiri tapi juga dapat berdampak pada kesehatan orang lain .

Mulut dan gigi adalah panca indra vital yang perlu diutamakan pemeliharaan kesehatan , dimana pada sebagian masyarakat masih banyak mengabaikan perihal kesehatan mulut terlebih pada gigi

Islam memiliki konsep yang sangat bagus dalam hal menjaga kesehatan gigi, bahkan Rosulallah SAW bersabda : Andai saja tidak memberatkan maka Aku (Rosulallah) akan mewajibkan umatnya memakai siwak (menggosok gigi) setiap hendak wudhu untuk menunaikan Sholat.

Nabi Muhammad SAW tidak pernah lupa membersihkan giginya dengan menggunakan siwak setiap waktu .
Ini berarti Nabi SAW adalah orang yang pertamakali mencontohkan memelihara dan melindungi mulut dan gigi dari berbagai penyakit yang datangnya dari mulut dan gigi .
Juga merupakan amalan yang disunahkan yang tentunya akan mendapat ganjaran keridhoan dari Alla SWT. Karena selain untuk kesehatan tubuh juga akan membuat mulut menjadi harum atau tidak bau dan gigi pun bersih .

Terkait pada pola sehat Nabi Muhammad SAW , dalam catatan sejarah Beliau SAW tidak pernah mengalami / merasakan sakit gigi hingga menjelang ajal /wafat nya pun gigi beliau tetap dalam keadaan utuh juga putih bersih.