Sumsel Command Center (SSC) yang digunakan Gubernur Sumsel untuk berkomunikasi secara Virtual Online (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Detak-Palembang.com, PALEMBANG – Untuk mendukung fungsi Informasi dan Teknologi terhadap Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel, Dinas Kominfo Sumsel telah mempersiapkan Sumsel Command Center (SCC) sebagai sarana pendukung informasi dan komunikasi.

Kepala Dinas Kominfo Prov Sumsel H Achmad Rizwan menuturkan, SCC yang berlokasi di kantor Gubernur Sumsel mempunyai berbagai fungsi terpadu.

Sebagai pusat Informasi yang menyediakan data-data tentang perkembangan Covid-19, SCC mengadakan dan menyiapkan fasilitas Video Conference.

“Ini sebagai sarana rapat koordinasi secara Virtual dengan instansi terkait baik dengan Pusat maupun Kabupaten /Kota Se Sumsel,” katanya, Selasa (19/5/2020).

SCC ini sering digunakan Gubernur Sumsel saat melaksanakan rapat koordinasi secara Vlvirtual, untuk memberikan arahan dengan Kepala Daerah se-Sumsel tanpa mengenal hari kerja.

Bahkan di hari Sabtu Minggu dan hari libur nasional pun, tetap dimanfaatkan untuk berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota se-Sumsel.

“Tidak hanya masalah Penanganan Covid-19 saja, juga untuk koordinasi lainnya seperti bencana alam banjir bandang yang terjadi di Kabupaten OKU Selatan dan OKU Timur beberapa hari lalu,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan SCC di masa Pandemi Covid-19 saat ini sangat penting.

Mulai dari Rapat Koordinasi dengan Presiden RI, Para Menteri, dan Ketua Gugus Tugas Nasional, Kepala Daerah se Sumsel.

Lalu, virtual komunikasi dengan Kementerian, Instansi Vertikal hingga Rapat Paripurna DPRD Sumsel semuanya dialihkan secara Virtual.

“Kita memang menyediakan tempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Ada 2 Room dengan screen yang besar yang dapat menampung puluhan partisipan. Semua perangkat daerah Pemprov Sumsel dapat menggunakan fasilitas tersebut selama masa Pandemi Covid-19 saat ini ” ujarnya.