Padatnya jumlah pengunjung di Pasar Tradisional 16 Ilir Palembang di hari kedua PSBB Palembang (Inge / Detak-Palembang.com)

Detak-Palembang.com, PALEMBANG – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di hari kedua di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), ternyata belum banyak digubris para warga Palembang.

Padahal program ini dilakukan karena semakin tingginya angka pasien positif Corona Covid-19 di Sumsel.

Seperti terlihat di kawasan Pasar Tradisional 16 Ilir Palembang, ratusan warga berbondong-bondong berhimpitan berbelanja kebutuhan fashion jelang lebaran.

Dari pantauan Detak-Palembang.com, kendati sudah menggunakan masker namun para warga Palembang sama sekali tidak menerapkan Social Distancing.

Jarak antarwarga di pasar tersebut bahkan sudah tidak berjarak. Mereka dengan santai memilih-milih pakaian atau sendal yang akan digunakan di hari Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah mendatang.

Novi, warga Plaju Palembang mengatakan, sebenarnya dia takut jika nanti tertular Corona Covid-19 saat ke luar rumah.

“Takut sih, tapi anak saya mau minta belikan baju lebaran baru. Jadi saya ke sini, bawa anak saya juga,” katanya, Kamis (21/5/2020).

Padatnya jumlah pengunjung di Pasar Tradisional 16 Ilir Palembang di hari kedua PSBB Palembang (Inge / Detak-Palembang.com)

Wanita berkulit sawo matang ini pun tak menghiraukan, jika anaknya yang berusia sekitar 8 tahun yang dibawanya ke pasar, akan lebih mudah terpapar Covid-19.

Hal yang sama disampaikan Hera, warga Sekojo Palembang ini bahkan membawa kedua anaknya berbelanja ke Pasar tradisional 16 Ilir Palembang.

“Ke pasar sama anak perempuan dan anak laki-laki saya, mau tukar jilbab yang salah pilih,” ucapnya.

Dua hari sebelumnya, dia juga sempat ke Pasar Tradisional 16 Ilir Palembang untuk berbelanja kebutuhan kostum lebaran.

Namun dia kembali lagi berbelanja di tengah padatnya pengunjung, sembari mengajak anak laki-lakinya memangkas rambut.

“Cuma mau tukar jilbab dan potong rambut anak saya. Tapi sepulang ini, saya cuci tangan langsung biar tidak tertular Covid-19,” ucapnya.