Detak-Palembang.com PALEMBANG – Setidaknya lebih dari puluhan warga terjaring di wilayah Jakabaring karena melakukan aksi mengemis sembako di Jalan Gubernur H Bastari Selasa,(12/5).

Sidak di pimpin langsung Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda. Menyatakan tidak akan menangkap para pengemis sembako itu. Disebutnya mereka hanya mencoba meminta bantuan kepada orang lain.

“Kita tangkap hanya untuk mendata saja akan kita pulangkan. Karena saya memaklumi mereka melakukan ini memang butuh bantuan,”kata Wawako Selasa,(12/5)

Menurut Finda nama akrab Wawako para pengemis sembako di data oleh dinas sosial. Katanya apabila setelah di data dari bukti kartu tanda penduduk (KTP) benar memang para pengemis itu belum mendapatkan bantuan. Finda menjamin pihaknya akan memproses untuk di prioritaskan oleh pihak dinas sosial dan menegaskan pihak kelurahan menyalurkan dengan tepat sasaran

“Ini kami lakukan agar mereka tidak kembali lagi ke jalan. Pendekatan secara persuasif adalah hal yang terbaik untuk warga,”ucapnya lagi.

Finda mengaku ia lebih membela warga yang mengemis sembako di jalan tersebut. Baginya tidak layak apabila mereka disebut melakukan itu hanya modus untuk mencuri belas kasih saja.

“Bagi saya ini bukan modus! Ini soal kemanusiaan kalau mereka benar belum mendapatkan bantuan sembako wajar saja mereka begini,”tuturnya

Kendati demikian setelah melakukan pembinaan kepada pengemis sembako. Finda juga menegaskan kepada warga untuk tidak lagi turun kejalan melakukan hal serupa. Di himbaunya hari ini adalah yang terakhir.

“Tapi tentunya ini dilarang hari ini terkahir besok akan kita tangkap dan tidak akan dikembalikan ke rumah. Tentunya mereka yang melakukan itu melanggar aturan Perda pasal 44,”pungkasnya

Dibincangi salah satu pengemis mengatakan dia berasal dari kelurahan kertapati. Dia nekat melakukan itu karena belum pernah mendapat sembako. “Demi Allah idak pernah nian aku dapet Sembako. Namo pak RT kami Robinson sejak awal puaso sampe sekarang terpakso ngemis ngemis Mak ini,”ucap salah satu pengemis sembako yang tidak sempat menyebutkan namanya ini karena langsung digondol ke mobil Sat Pol PP