Detak-Palembang.com KOREA UTARA – Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, tampak hadir dalam pembukaan pabrik pupuk dan melakukan pemotongan pita. Orang-orang di pabrik tersebut juga dikabarkan sangat gembira menyambut kehadiran pemimpin tertinggi tersebut.

Spekulasi mengenai kondisi kesehatan Kim yang buruk telah ramai diperbincangkan dalam beberapa pekan terakhir. Itu bermula setelah diktator itu tidak menghadiri perayaan ulang tahun kelahiran pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April lalu. Kim terakhir kali muncul ke publik saat memimpin rapat politbiro Partai Pekerja pada 11 April.

Setelahnya, banyak media melaporkan bahwa Kim dalam kondisi kesehatan yang buruk setelah gagal menjalani operasi jantung. Tak sedikit juga yang percaya bahwa Kim telah meninggal dunia.

Kemunculan Kim Jong Un dikabarkan setelah terakhir dia tampak pada 12 April lalu dan dispekulasikan telah meninggal dunia karena kesehatannya. Meski begitu, laporan terakhir dari media Korut ini masih belum bisa dikonfirmasi secara independent seperti dikutip BBC.

Media itu juga merilis beberapa foto yang menunjukkan Kim sedang memotong pita di luar pabrik.

Namun, misteri itu kini terjawab setelah kantor berita KCNA mengabarkan bahwa Kim datang untuk memotong pita pembukaan sebuah pabrik pupuk baru. “Kim menghadiri upacara pada Jumat (1/5/2020) dan semua bersorak horai,” tulis AFP, mengutip KCNA.

Kim juga disebut sempat memeriksa fasilitas dan memberi pengarahan tentang proses produksi. Menurut laporan KCNA, dalam kesempatan itu Kim berkata dengan penuh emosi bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il, pasti akan senang dengan pembangunan pabrik pupuk modern tersebut.

Trump Tak Berkomentar

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak untuk mengomentari laporan yang diberitakan oleh media Korea Utara mengenai kemunculan kembali Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke publik pada 1 Mei.

“Saya sebaiknya tidak mengomentari ini dulu,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, menurut Reuters, Sabtu (2/5/2020). “Kami akan mengatakan sesuatu tentang itu pada waktu yang tepat.”

Sebelumnya, saat kabar simpang siur mengenai alasan lenyapnya Kim ramai diberitakan, Trump sempat mengatakan dirinya yakin Kim masih hidup dan dalam keadaan baik-baik saja. Ia juga mengaku mengetahui semuanya tentang Kim saat ditanya oleh Reuters dalam sebuah wawancara pada hari Rabu.

“Saya tahu segalanya,” kata Trump, tanpa menjelaskan secara rinci maksudnya.