IKPM OKU Timur Galang Donasi untuk Korban Banjir Bandang di Kabupaten OKU Timur Sumsel (Dok. Humas IKPM OKU Timur)

Detak-Palembang.com, PALEMBANG – Meluapnya debit air di Sungai Komering di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Sumatera Selatan (Sumsel), mengakibatkan banjir yang merendamkan ratusan rumah warga Kabupaten OKU Timur.

Ketinggian air bahkan hingga sepinggan orang dewasa dan di beberapa tempat ada yang mencapai 1.5 meter.

Saat ini warga ada yang masih bertahan di rumah mereka masing-masing, sembari menyelamatkan harta benda yang masih bisa diselamatkan dan sambil menunggu bantuan.

Pengurus Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) OKU Timur di Palembang yang dipimpin oleh Dodi Hari Utama, berusaha mengumpulkan donasi untuk membantu para korban banjir bandang tersebut.

Alhamdulillah kita mendapakatkan dukungan moril maupun materil dari 20 Organisasi Kepemudaan (OKP) di Sumsel,” ucapnya, Selasa (12/5/2020).

Mereka pun mengajak bersama-sama untuk membantu menyalurkan bantuan ke warga Kabupaten OKU Timur, yang terkena dampak banjir bandang.

Dari laporan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur, air bah masih terus meluas.

Warga yang terdampak banjir yaitu di kawasan di Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja dan Kecamatan Madang Kabupaten OKU Timur.

“Sebelumnya banjir hanya melanda Kecamatan Bunga Mayang. Namun banjir jug turut meland Mecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja Melanda. Seperti di Desa Muncak Kabau 1, 2 dan 3,” katanya.

Sedangkan di Kecamatan Madang Suku II Melanda Desa Riang Bandung, Karang Negara, Pandan Agung dan Kota Negara, banjir turut merendam sawah siap tanam milik warga.

Menurutnya, bencana ini ssmakin memperparah kondisi di tengah Covid-19.

“Sebab saat ini pandemi covid 19 menghantam perekonomian rakyat ditambah banjir yang melanda rumah warga OKU Timur. Sehingga untuk aktivitas dilakukan dari rumah. Hal ini yang membuat warga tidak dapat mencari rezeki untuk berahan hidup,” ucapnya.

Dia pun mengajak donatur untuk turut serta membantu meringankan beban para korban banjir bandang di Kabupaten OKU Timur.

Yaitu bisa menyalurkan dana bantuan ke
Rekening BRI 560801019237530 dan
rekening Bank Sumsel Babel 8090906659 atas nama Novita Apriliani.

“Untuk para donatur yang sudah memberikan bantuannya, jangan lupa untuk mengirimkan bukti transferannya ke nomor WhatsApp 0822-7936-2286 atas nama Novita Apriliani,” ucapnya.