Detak-Palembang.com PALEMBANG – Walikota Palembang Harnojoyo menghimbau kepada mahasiswa dan mahasiswi yang masih berada di Kota Palembang untuk tidak mudik.

“Bagi mahasiswa yang beras di Palembang saya harapkan jangan mudik,”kata Harnojoyo Jumat,(8/5)

Dilanjutkannya pihaknya tengah melakukan sterilisasi untuk Kota Palembang agar tidak terjangkit COVID-19. Pasalnya keluar masuk tentunya berdampak kepada penularan COVID-19 di wilayah Sumatera Selatan hingga ke Kota Palembang semakin luas.

“Larangan ini jelas karena kita juga menghimbau untuk semua warga tidak mudik. Ataupun dari luar Sumsel untuk pulang ke Palembang. Begitu juga mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah ke Palembang mau pulang kampung,”ucapnya lagi

Dia berharap mahasiswa khususnya masyarakat Kota Palembang memaklumi keputusan itu. Terlebih lagi intensitas mudik setiap hari atau rutin tidak hanya pada bulan Ramadhan adalah mahasiswa yang ke Kota Palembang untuk menuntut ilmu.

“Kita harapkan mengerti dan sama sama menjaga Kota kita ini,”ujarnya

Sementara itu salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Dede mengatakan, ia masih berada di Palembang. Biasanya saat puasa menjelang lebaran ia mudik ke Bangka.

“Sekarang memang masih di Palembang biasanya mudik itu seminggu mau lebaran,”ujarnya

Menurut mahasiswa fakultas ekonomi ini, kampusnya memang menerapkan kuliah online saat pandemi COVID-19 mulai deras melanda Palembang. Namun ia sengaja tidak mudik lebih awal sebelum larangan mudik di rilis pemerintah karena dia tengah merampungkan skripsi.

“Kalau mudik susah untuk fokus studi. Makanya masih berada di Palembang. Sekarang mau mudik dilarang tapi mau bagaimana,”ucapnya