Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tempat isolasi asrama haji bagi masyarakat tidak menggunakan masker tiba-tiba di buat viral. Dalam video disebutkan seakan-akan dalam isolasi nyaman karena aktifitasnya makan dan tidur serta menonton TV dengan nyaman.

Hal itu langsung di bantah oleh Ketua Bidang Pencegahan Gugus Tugas Covid-19 kota Palembang, Ahmad Zulinto menyebutkan, semua yang dikatakan dalam video yang tengah viral itu tidak benar.

“Mereka yang tertangkap razia masker langsung kita kumpulkan di aula asrama haji selama 10 jam. Tidak ada langsung ke kamar istirahat dan menonton TV seperti di video yang viral tersebut,”ucapnya Sabtu,(2/5).

Dilanjutkannya selama 10 jam para warga yang terjaring razia masker diberikan edukasi mengenai bagaimana bahanya COVID-19. Mereka juga tidak duduk santai seperti di bangku kuliah. Mereka duduk di lantai menyimak semua video bahaya COVID-19. Lalu diberikan edukasi betapa pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penularan COVID-19.

“Selama berada di aula tidak serta merta mereka kita hantar ke kamar, tapi selama 10 jam mereka akan tetap berada di aula. Bahwa mengikuti SOP penertiban masker,”tegasnya.

Ditegaskannya dengan adanya video viral itu pihaknya tentunya akan menambah sanksi atau memperketat. Itu agar efek jera dan edukasi kepada masyarakat akan jauh lebih efektif.

“Kedepan pastinya akan kita perketat lagi aturannya. Memang kita biarkan mereka memegang HP agar bisa berkomunikasi dengan keluarga,”ujarnya

Berdasarkan pantauan hal itu disebutkan salah satu media sosial dari akun Instagram memposting seorang warga tertangkap razia dikarantina di Asrama Haji memvidiokan suasana dalam kamar Asrama Haji.

“Nah min kamar karantina ado AC nyo ado tv. Mano di enjok makan pulo sayang sikok dak katek wifi. Kalau ado wifi idak galak balek aku disinilah,”ujar video rekaman berdurasi satu menit itu yang diposting @plglipp.

Bahkan posting dilengkapi caption yang seakan-akan menyepelekan program pemerintah melakukan edukasi kepada masyarakat dan juga memberikan saran tidak usah menggunakan masker. “Nah bagi yang buntu boleh lah idak pake masker. Lemak nah di asrama haji dikasih makan ado AC pulo,” tulis admin Instagram @plglipp