Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa diserahkan ke warga penerima di Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel).

Detak-Palembang.com, OGAN ILIR – Untuk memudahkan warga penerima Bantuan Tunai Langsung (BLT) Dana Desa, aparat desa di Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel) mengantarkan langsung bantuan tersebut ke rumah warganya masing-masing.

Pemberian kartu ATM BLT Dana Desa secara door to door, dilakukan pada hari Sabtu (16/5/2020), oleh Kepala Desa Ketiau dan Camat Keliat Banyuasin Sumsel.

Diungkapkan Camat Lubuk Keliat Rusman, dana ini digulirkan selama 3 bulan. Mulai dari bulan April sampai Juni sebesar Rp600.000 setiap bulannya.

“Kita harap dana bantuan ini agar dipergunakan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Menurut Kepala Desa Ketiau Kuryadi, penjaringan dan penyaringan warganya yang berhak menerima BLT DD berdasarkan regulasi yang ada.

Warga tersebut disurvei oleh tim yang telah dibentuk dan mengacu 14 Kriteria PERMENDES PDTT NO 6 tahun 2020.

“Yang kami data untuk penerima BLT DD sudah masuk 9 kriteria dari 14 kriteria berdasarkan PERMENDES PDTT NO 6 tahun 2020 dan melalui survei yang kridebel,” katanya.

Target Pemerintahan Desa sebanyak 749 Kepala Keluarga (KK) dari 1170 KK, yang dapat tersentuh bantuan. Baik itu dianggarkan dari Kemensos serta BLT DD.

Saat ini, penyaluran BLT Dana Desa baru terealisasi ke 373 KK.

Insyaallah mulai dicairkan secara bertahap,” ucapnya.