Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebanyak 563 peserta dinyatakan lulus pada Sidang Pemilihan Tingkat Pusat Penerimaan Calon Tamtama (CATA) Prajurit Karier (PK) TNI AD TA.2020 Subpanpus Kodam II/Swj yang dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, Sabtu (2/5/2020) bertempat di Markas Dodikjur Rindam II/Swj Puntang, Lahat – Sumsel.

Mengawali sambutannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada kesempatan tersebut dapat melaksanakan kegiatan sidang Pantukhir Tingkat Pusat penerimaan CATA PK TNI AD Gelombang – I TA. 2020 dalam keadaan sehat wal’afiat ditengah situasi Pandemi Virus Corona (Covid-19).

Dikatakannya, merebaknya penyebaran Covid-19 di Indonesia saat ini tentunya berdampak cukup signifikan terhadap pelaksanaan program kegiatan TNI AD TA. 2020, tidak terkecuali kegiatan penerimaan CATA PK TNI AD Gelombang – I TA. 2020 yang telah dilaksanakan sejak bulan Februari 2020 lalu dan telah mengalami beberapa kali penundaan seiring perkembangan situasi yang terjadi.

Ditengah kondisi saat ini, sambung Pangdam, pelaksanaan kegiatan penerimaan calon Tamtama kali ini pasti lebih berat dan memiliki resiko yang tinggi terhadap kemungkinan penyebaran dan penularan Covid-19.

Namun demikian sebagai insan prajurit, harus menyadari bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian tugas pokok yang harus dilaksanakan dalam rangka menyiapkan kekuatan pertahanan untuk meningkatkan kekuatan operasional TNI AD, sehingga siap menghadapi segala kemungkinan perkembangan situasi global.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menyampaikan rasa hormat dan bangga serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Panitia Rik/Uji Daerah maupun Pusat penerimaan CATA TA. 2020, karena telah melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik, meskipun kegiatan penerimaan CATA kali ini syarat akan tantangan dan beresiko tinggi.

Hadir dalam Sidang Pemilihan Tingkat Pusat penerimaan Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang – I TA. 2020 tersebut, antara lain ; Danrindam II/Swj, Asintel Kasdam II/Swj, Aspers Kasdam II/Swj, Kaajendam II/Swj, Kakesdam II/Swj dan Tim Subpanpus dari Mabesad termasuk Tim Pengawas dan Tim Psikologi.

Untuk diketahui bahwa, para peserta yang mengikuti sidang Pantukhir ini merupakan calon-calon Tamtama terbaik. Mereka telah melewati seluruh tahapan pemeriksaan awal, yang sangat ketat dan teliti, meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi (MI), dan psikologi, yang dilaksanakan secara obyektif dan transparan.

Para calon Tamtama yang dinyatakan lulus pada Sidang Pemilihan Tingkat Pusat atau Sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir) ini selanjutnya akan mengikuti pendidikan Secata selama 5 bulan, yang rencananya akan dibuka pada tanggal 6 Mei 2020 mendatang di Dodik Secata Rindam II/Swj.

Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan mengatakan bahwa, seleksi Penerimaan CATA PK TNI AD TA. 2020 ini, merupakan salah satu Program Kerja TNI AD, dalam rangka penyediaan personel Tamtama guna memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD.

Proses penerimaan prajurit senantiasa dilaksanakan secara transparan serta objektif, sesuai standar dan norma yang telah ditentukan. “Kita ingin hanya calon yang berkualitas, memenuhi persyaratan dan terbaiklah yang layak lulus,” ujar Kolonel Djohan.

Djohan juga menjelaskan, kebijakan pimpinan TNI AD di bidang personel, khususnya pada penerimaan calon Tamtama kali ini, lebih mengedepankan aspek keterwakilan putra daerah.

“Para peserta sidang yang diajukan ini merupakan calon-calon terbaik yang berasal dari perwakilan Kodim-Kodim di wilayah Sumbagsel yang telah melaksanakan seleksi pengecekan awal yang dilaksanakan secara objektif dan transparan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terangnya.