Detak-Palembang.com PALEMBANG – Aparat kepolisian Satuan Reserse (Satres) Narkoba Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang menangkap warga yang kedapatan melakukan transaksi narkoba di bawah Jembatan Musi IV Palembang di Jalan KH Azhari Kelurahan 14 Ulu.

Pelaku merupakan kurir bernama Dedi Setiawan (30) warga Jalan Ki Anwar Mangku, Lorong Sekolah, Kelurahan Sentosa ditangkap Jumat (10/4) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam rilis tangkap polisi di gelar Senin,(13/4) diungkapkan pelaku tertangkap tangan membawa satu bungkus narkotika jenis sabu dengan berat 102,71 gram, 49 butir ekstasi warna orange berlogo BW.

Kasat Narkoba Polrestabes Palembang, AKBP Siswandi mengatakan, tertangkapnya pelaku ini berkat adanya informasi dari masyarakat yang menyatakan bahwa sering terjadinya transaksi narkoba di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Mendapatkan informasi itu kita melakukan penyelidikan dengan mendatangi TKP, setelah di TKP anggota kita melihat gerak-gerik pelaku mencurigakan. Dimana pelaku melihat anggota kita langsung memacu kendaraannya,” ujarnya, Senin (13/4).

Namun dengan kesigapan anggota Satres Narkoba Polrestabes Palembang berhasil mengamankan pelaku. “Setelah berhasil memberhentikan pelaku, anggota kita langsung memeriksa tubuh pelaku dan didapatkan barang bukti narkotika sabu dan ekstasi,” katanya.

Ia membeberkan bahwa pelaku sudah menjadi target operasinya, namun lataran licin anggota Satres Narkoba Polrestabes Palembang belum berhasil menangkap pelaku. “Namun setelah beberapa kali melakukan pengintaian dan pengejaran akhirnya anggota kita berhasil mengamankan pelaku beserta barang buktinya,” ungkapnya.

Atas ulahnya pelaku diancam dengan pasal 114 ayat (2) Undang-undang (UU) Republik Indonesia (RI) nomor 35 tahun 2009 dan pasal 112 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman 20 tahun penjara.

Sementara itu, pelaku Dedi berdalih baru pertama kali melakukan pengantaran barang haram ini. “Ini baru pertama kali saya lakukan dimana setiap pengantaran diupah Rp 500 ribu yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari saya dan keluarga,”ujarnya