Detak-Palembang.com PALEMBANG – Meskipun tidak di buka secara seremonial tol Kayuagung – Palembang resmi beroperasi serta tarif di gratiskan kepada para pengendara lalu lintas pada Rabu,(1/4).

Berdasarkan pantauan ruas tol sepanjang 33 kilometer adalah tol kedua di wilayah Sumatera Selatan setelah tol Palembang-Indralaya (Palindra) sepanjang 22 kilometer yang beroperasi penuh pada Juni 2018 lalu.

Bagi masyarakat apabila ingin menggunakan gerbang tol Kayuagung-Palembang di Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masuk melalui akses tol di Jakabaring.Jarak antara akses tol hingga gerbang tol sepanjang 2 kilometer.

Dihubungi Deputi Pembangunan Jalan Tol Kayuagung-Palembang PT Sriwijaya Waskita Tol, Yusuf Arrosadi mengatakan, tol dibuka selama 24 jam.
Menurutnya dari Palembang ke Kayuagung hanya menempuh 20 menit. Dengan prediksi ketika berangkat dari Palembang pukul 07.50 WIB sampai di Kayuagung pukul 08.10 WIB.

“Mulai hari ini pukul 07.00, ruas tol Kayuagung-Palembang dibuka. Kita memang tidak ada peresmian, langsung operasional kita buka untuk umum dengan standar operasional tapi belum bertarif,”ucapnya Rabu,(1/4).

Ditanya soal tarif tol Yusuf menuturkan belum masih di gratiskan. Bahkan sampai kapan pun tarif berlaku gratis masih belum bisa di pastikan. Pihaknya masih menunggu keputusan dari Kementerian PU dan Kementerian Perhubungan.

“Masih gratis batas waktunya belum tau. Tapi bisa saja dua mingguan atau satu bulan,”ucapnya singkat.

Disinggung soal bangunan atau apakah sudah rampung. Dijawab kontruksi ruas tol Kayuagung-Palembang sudah dipastikan 100 persen rampung. Tapi katanya khusus akses tol ke gerbang tol di Jejawi masih dalam pengerjaan.

“Main road kita sudah 100 persen. Kita sudah pasang imbauan dan peringatan berupa spanduk dan papan informasi di sepanjang ruas tol. Imbauan berupa pengaturan kecepatan dan sebagainya. Marka jalan juga sudah terpasang sesuai standar. Untuk lampu penerangan jalan kita tempatkan di sejumlah interchange (simpang susu ). Untuk di sepanjang main road kita pasang mata kucing untuk penunjuk jalan,”pungkasnya

“Dengan jalan tol ini, maka untuk perjalanan ke Kayuagung dari Palembang bisa ditempuh selama 20 menit saja dengan kecepatan minimal 60 kilometer perjam. Kalau mau ke Lampung bisa lebih cepat karena hanya memakan waktu sekitar 3 jam,”pungkasnya. (mol)