Detak-Palembang.com PALEMBANG -Pandemi COVID-19 menyerang seluruh belahan dunia membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana akan membagikan masker gratis kepada seluruh masyarakat.

Alhasil Pemkot akan merekrut sebanyak 37 ribu usaha kecil dan menengah (UKM) untuk membuat masker. Itu sebagai upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus kepada masyarakat Kota Palembang tercatat berjumlah 2 Juta jiwa.

“Kita berupaya kedepan akan merekrut 37 ribu UKM agar membuat masker. Itu agar semua masyarakat Palembang bisa menggunakan masker,”kata Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustind Rabu,(8/4)

Menurutnya pihaknya akan membagikan masker secara gratis kepada masyarakat. Karena menggunakan masker baginya sekarat telah menjadi kewajiban masyarakat se Indonesia untuk menuntaskan penyebaran COVID-19.

“Menggunakan masker adalah wajib untuk semua masyarakat sekarang. Itu juga sudah menjadi instruksi pemerintah pusat. Baik orang yang sakit ataupun tidak sakit sekarang harus gunakan masker,”tuturnya

Diakui pihaknya sendiri sekarang baru merekrut 60 UKM untuk membuat masker yang telah di bagikan kepada masyarakat. Bahkan Wawako sendiri kerap turun kejalan membagi masker kepada masyarakat.

“Kalau untuk seluruh masyarakat Palembang tidak cukup hanya 60 UKM yang kita bina sekarang. Tentunya sekarang kita akan segera mengoptimalkan agar seluruh masyarakat bisa menggunakan masker,”tegasnya

Fitrianti juga menuturkan produk masker yang dibuat 60 UKM asuhan Pemkot telah teruji. Pihaknya juga melibatkan Rumah Sakit Daerah Palembang BARI. Dia juga berencana akan meletakkan masker secara gratis di tempat tempat umum khususnya kantor kantor pelayanan. (mol)