Detak-Palembang.com PALEMBANG – Geliat perekonomian di Indonesia yang terdampak akibat pandemik Covid-19 sangat dirasakan di kalangan masyarakat pekerja informal di bawah. Untuk meringankan beban keluarga pra sejahtera, Rumah Zakat telah melaksanakan aksi sosial dengan program Bingkisan Keluarga Pra Sejahtera. 

Sebanyak 135.000 paket makanan siap santap ditargetkan Rumah Zakat yang akan didistribusikan di 33 provinsi seluruh Indonesia. Namun untuk saat ini, penyaluran pembagian paket di Kota Palembang ini hanya dilakukan untuk beberapa. Program ini menyasar kepada keluarga yang berhak membutuhkan, seperti pengendara ojek online, tukang becak dan pedagang keliling serta keluarga duafa.

“Program ini bertujuan untuk membantu para pekerja informal seperti pemilik warung nasi, supir ojek online, buruh harian, pedagang keliling, tukang becak dan lainnya yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena minimnya pemasukan. Jadi dari satu program, langsung ada 3 pihak yang terbantu yakni pemilik warung nasi, supir ojek, dan juga pekerja informal lainnya.
Semoga program ini dapat membantu meringankan beban mereka,” ujar Branch Manager Sumatera Selatan Sulaiman, Selasa (31/3).

“InsyaAllah akan dilanjutkan ke wilayah lainnya yang ada di Indonesia. Mohon doanya agar program ini lancar dan mendapat dukungan dari banyak pihak,” tuturnya.

Selain menyalurkan program Berbagi Makanan Keluarga, Rumah Zakat telah menyalurkan beragam program seperti sosialisasi PHBS, dan penyemprotan disinfektan.

“Sebelum adanya virus Corona ini, jualannya lancar sehari bisa menghasilkan 100 ribu. Namun setelah corona Cuma 30 ribu. Saya berharap semoga keadaan bisa kembali normal. Kami ucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat yang menyalurkan sembako ini. Bisa untuk anak istri, semoga menjadi Amal Jariah bagi donatur”, pungkas Mang Aan kakek 63 tahun, penjual es kembang tahu tang mangkal di kawasan Kambang Iwak Palembang.