Detak-Palembang.com PALEMBANG – Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., meninjau dapur umum gugus tugas yang didirikan TNI-Polri dan Pemda Sumsel yang berlokasi di Markas Bekangdam II/Sriwijaya Jalan Sekanak samping kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Kota Palembang, Jum’at (17/4/2020). Dapur umum tersebut merupakan kerjasama  Kodam II/Swj bersama dengan Polda dan Pemda Prov. Sumsel dalam rangka meringankan beban masyarakat akibat dampak pandemi Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kota Palembang.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel didampingi Wakapolda Sumsel dan Kasdam II/Swj beserta beberapa pejabat teras TNI-Polri menyaksikan secara langsung aktivitas para prajurit TNI dan personel Polri yang bekerja di dapur umum. Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel juga mengecek beberapa menu masakan yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat.

Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan mengatakan bahwa, hari ini, Jum’at (17/4/2020) Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel beserta rombongan meninjau Dapur Umum yang berada di Markas Bekangdam II/Swj. Dapur umum tersebut didirikan oleh Kodam II/Swj bersama dengan Polda dan Pemda Sumsel dalam rangka membantu masyarakat di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya yang terdampak wabah Virus Corona (Covid-19).

“Masyarakat nantinya akan diberikan nasi kotak gratis. Setiap hari, kita dari TNI, Polri dan Pemda Sumsel menyiapkan sebanyak 1.500 nasi kotak untuk makan siang, dan ini akan kita laksanakan selama 3 bulan kedepan” ungkapnya.

Kita semua berharap, dengan adanya dapur umum ini bisa membantu warga Sumsel, terutama Palembang dalam memenuhi kebutuhan gizi selama adanya pandemi Covid-19. 

“Ini adalah kegiatan gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Sumsel. Untuk dapur kebetulan Kodam II/Swj memiliki sarana dapur umum yang lengkap. Dapur umum Bekangdam II/Swj ini mampu untuk memasakkan dengan jumlah yang cukup besar”, kata Kapendam.

Lebih lanjut dikatakan Kapendam bahwa, sebanyak 1.500 nasi kotak yang dihasilkan dari dapur umum Gugus Tugas Sumsel ini telah didistribusikan kepada warga yang berada di beberapa titik lokasi di wilayah Palembang.

“Hari ini TNI-Polri, Pemda, Tagana dan BPBD telah membagikan nasi kotak kepada masyarakat di wilayah-wilayah tersebut. Tentunya yang menerima diprioritaskan untuk keluarga prasejahtera, masyarakat yang memiliki penghasilan pas-pasan dan yang tidak bekerja lagi. Semua itu sudah ada datanya dan nanti petugas kita dari Koramil, Polsek, Pemda, Tagana dan BPBD yang mengantarkannya,” ujar Djohan.