Detak-Palembang.com PALEMBANG – PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menghentikan sementara layanan penerbangan komersial penumpang pada 15 bandara kelolaannya mulai Jumat 24 April 2020 hingga 1 Juni 2020. Langkah tersebut untuk mendukung kebijakan pemerintah mengenai larangan mudik.

PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang juga telah menghentikan sementara layanan penerbangan komersial.

Hal itu di sampaikan oleh Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Fahroji mengatakan, tentunya untuk melaksanakan kewajiban operator penerbangan melayani penumpang dengan reservasi (permintaan pesanan tiket sebelum diberlakukan kebijakan ini) lama, dan mulai hari ini tidak ada lagi reservasi baru.


“Kan sudah dijelaskan Kemenhub. Mengingat karasteristik moda udara yang spesifik, kepada operator penerbangan diberikan kesempatan untuk melaksanakan kewajibannya kepada penumpang. Tapi mulai kemarin Jumat,(24/4) kita tidak menerima reservasi baru,” kata Fahroji Sabtu,(25/4).

Namun dia menuturkan untuk penerbangan internasional tetap akan beroperasi khususnya untuk melayani warga negara asing yang akan kembali ke negaranya. Sebaliknya untuk warga negara Indonesia yang akan kembali ke Indonesia. Tapi tentunya penerbangan itu tetap harus mengikuti protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

“Disebutkan, adapun setelah dilakukan evaluasi maka berlakunya peraturan akan sama untuk semua moda transportasi yaitu pada 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020 dan akan diperpanjang jika diperlukan. Ya itulah Mas,” terang Fahroji.

Untuk diketahui, Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 telah ditetapkan pada tanggal 23 April 2020 sebagai tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah untuk melarang mudik pada tahun ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Larangan penggunaan transportasi untuk mudik ini berlaku untuk keluar masuk di wilayah-wilayah PSBB,  zona merah penyebaran Covid-19 dan aglomerasi (wilayah) yang sudah ditetapkan sebagai PSBB.