Detak-Palembang.com PALEMBANG – Di tengah pandemi COVID-19 kerumunan warga di pasar tradisional tentunya rawan terjangkit virus. Hal itu menjadi langkah Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mensosialisasikan belajar online.

“Lagi COVID-19 belanja di pasar tradisional sekarang bisa secara online. Kenapa harus keluar rumah ke pasar berbahaya,”kata Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda usai meninjau Pasar Kebon Semai, Kamis (30/4). 

Disebutnya untuk memudahkan warga belanja, tanpa harus keluar rumah Perusahaan Dagang (PD) Palembang Jaya atau PD Pasar mengandeng semua pedagang di seluruh pasar tradisional. Pihaknya bersama PD Pasar dan para pedagang bahu membahu untuk memutus mata rantai penyebaran virus Coronan dengan cara melayani pembelian semua kebutuhan dapur melalui belanja online via WhatsApp.

“Contohnya untuk masyarakat yang tinggal disekitar Pasar Kebon Semai, silakan manfaatkan layanan ini. Kita siapkan nomor telepon pedagang yang bisa dihubungi sesuai dengan jenis barang belanjaan yang dibutuhkan,” ujarnya,

Dilanjutkannya ide belanja online ini disebutnya menjawab keresahan ibu rumah tangga. Tentunya ibu ibu yang biasa belanja kebutuhan dapur di pasar tradisional sangat sulit apabila tidak keluar rumah dan terancam bahaya COVID-19.

“Sistem belanja online ini sudah tersedia di seluruh pasar tradisional,jadi emak emak bisa belanja dari rumah saja selama Covid 19 ini,” tegasnya.

Kembali dicontohkannya, cara berbelanja online yang ada di Pasar Kebum Semai Sekip Pangkal Palembang. Yakni dengan cara para ibu ibu akan mendapatkan brosur yang dibagikan pihak PD Pasar. Disana dikatakannya tertera nama nama pedagang jenis barang yang dijual, yang bisa dipesan melalui WhatApps yang tertera dalam brosur.

“Mulai dari jualan sembako, cabe, tahu, ikan , ayam, bumbu basah, bumbu kering hingga kosmetik semua bisa dilayani secara online di Pasar Kebun Semai,” katanya.

Hal ini juga, kata Fitri berlaku untuk pasar pasar tradisional lainnya. “Sudah sewajarnya kita lakukan sistem ini,karena ini menyangkut masalah kesehatan orang banyak dan jangan sampai bertambah lagi penyebaranya,” ungkapnya.

Untuk lebih memudahkan lagi, kata Fitri, pihaknya juga akan mengandeng ojek online. “Sistemnya bisa secara langsung memesan jenis kebutuhan yang dicari oleh semua masyarakat setempat dan akan diatar oleh kurir. Kita juga akan melakukan kerja sama bersama ojek online untuk mempermudah dalam pengiriman belanja mereka kerumah,” katanya.

Dia berharap dengan adanya sistem belanja ini, bisa mengurangi kerumunan massa di pasar tradisional untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Berikut tata cara melakukan pemesanan secara online di Pasar Kebun Semai Sekip Palembang

  • Belanja online dapat dilakukan mulai pukul 06.00 -09.00 Wib.
  • Sertakan nama lengkap, alamat dan kebutuhan yang akan dibeli kepada pedagang.
  • Setelah ok belanjaan akan diteruskan ke kurir, misal anda akan belanja untuk kebutuham sembako dengan menghubungi Atok dengam nomor WhatsApp 082388887807
  • Setelah belanja sudah cukup si pemilik tokok akan melanjutkan ke kurirnya mengantar ke alamat si pembeli, dengan tarif untuk kawasan Sekip Palembang akan dikenakan biaya ongkir Rp 15 ribu.