Detak-Palembang.com PALEMBANG – Terbatasnya aktifitas warga ditengah Pademi Virus Corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia, termasuk di wilayah Sumsel membuat TNI, Polri dan Pemda Prov. Sumsel bersinergi meluncurkan Program Dapur Umum, Rabu (15/4/2020). Pada hari ini, sebanyak 1.500 bungkus nasi yang disiapkan untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak pademi Covid-19.

Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan mengatakan bahwa, dapur umum yang didirikan di lokasi Ex Kantor Kejaksaan Tinggi Sumsel di samping Kantor Gubernur Sumsel tersebut, tidak terlepas dari hasil koordinasi Kodam II/Swj, Polda dan Pemda Sumsel serta Instansi terkait lainnya lantaran dampak Covid-19 yang terjadi di wilayah Sumsel.

Hari ini, sebanyak 1.200 nasi bungkus dibagikan kepada warga di beberapa wilayah seperti Kel. Karang Jaya Kec. Gandus, Kel. 36 Ilir, Kel. Talang Jambe dan Talang Betutu Kec. Sukarami, Kel. Kuto Batu dan 9 Ilir Kec. IT III, Kel. Selincah Kec. Kali Doni, Kec. Ilir Barat II dan Kel. Kemuning, Kota Palembang. Termasuk sebanyak 300 nasi bungkus yang dibagikan kepada warga yang berada sekitar jalan.jalan Kota Palembang, seperti Ojol, pedagang keliling, pemulung dan tukang becak. Sehingga dalam sehari, petugas dari TNI-Polri telah mendistribusikan sebanyak 1.500 bungkus nasi kepada warga kurang mampu.

Sebagai langkah untuk mempercepat pendistribusian logistik, sejumlah personel TNI-Polri bersama beberapa personel dari instansi terkait Stand By di lokasi dapur umum tersebut, seperti ; Koramil, Polsek, Kecamatan, Tagana dan BPBD yang selalu siap bergerak cepat untuk melaksanakan pendistribusian logistik dalam membantu warga yang terdampak Covid-19.

Kapendam juga menambahkan, program dapur umum tersebut, diluncurkan sebagai bentuk keprihatinan TNI, Polri dan Pemda Prov. Sumsel terhadap warga akibat merebaknya wabah Virus Corona. “Karena saudara-saudara kita kurang beruntung dan kita tahu akibat Corona penghasilan mereka terganggu,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto dan Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta unsur Forkopimda lainnya, sejumlah pejabat TNI, Polri dan BPBD Sumsel.