Wakil Gubernur Sumsel sekaligus Ketua ODP Corona Center, Mawardi Yahya

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebanyak 69 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Singapura dan Malaysia merupakan warga Sumsel dinyatakan 100 % aman dari COVID-19 setelah di karantina di wisma atlet Jakabaring Sport City (JSC).

Padahal mereka baru menjalankan karantina selama empat hari dalam status ODP. Namun ada tiga TKI yang masih di pantau dalam proses karantina yang belum di berikan izin pulang.

“Pertanggal 6 April 2020, ada tiga ODP yang menjalani karantina yang semula berjumlah 72 ODP. Adapun 69 orang lainnya sudah pulang karena sama sekali tidak ada gejala dan 100 persen fit. Sebelumnya juga ada dua ODP yang masuk,” kata Wakil Gubernur Sumsel sekaligus Ketua ODP Corona Center, Mawardi Yahya, Senin,(6/4)

Dilanjutkan awalnya keseluruhan 72 TKI mulai dikarantina di rumah sehat Covid-19 di JSC sejak 2 April lalu. Namun setelah itu kondisi kesehatan 69 TKI lainnya telah berangsur membaik.

“Puluhan ODP tersebut, kondisi kesehatan mereka berangsur-angsur membaik. Bahkan sebagian besar memilih untuk pulang dan menyisakan tiga ODP di rumah sehat Covid-19 ini,”ucapnya

Dilanjutkan namun tiga TKI lainnya meskipun belum di perbolehkan pulang terus menjalani kondisi yang membaik juga. Hal ini dibuktikan dengan hasil rapid test pada 2 April lalu.

“ODP ini secara umum kondisi mereka baik. Namun ada sedikit batuk yang mulai berangsur pulih. Tentu setelah 14 karantina, setelah mereka benar-benar fit, kita persilakan pulang untuk kembali membaur dengan masyarakat,” kata mantan Bupati Ogan Ilir dua periode ini.

Mawardi juga mengimbau masyarakat yang merasa ada gejala-gejala, untuk datang ke rumah sehat Covid-19.

“Jika ingin dilayani di rumah sehat Covid-19, silakan datang dengan membawa surat pengantar atau surat rujukan dari rumah sakit terdekat dengan ODP tersebut,” pungkasnya. (mol)