Ketua ODP Corona Center, Mawardi Yahya

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ada sebanyak 72 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kini dikarantina dalam pemantauan (ODP) di rumah sehat wisma atlet di Jakabaring Sport City (JSC).

Mereka datang pada hari Rabu (1/4) ke Palembang pukul 21.45 WIB dikabarkan bekerja di Singapura dan Malaysia. Menurut Ketua ODP Corona Center, Mawardi Yahya menerangkan, puluhan TKI asal Sumsel itu diketahui menempuh rute penerbangan dari Singapura, Kuala Lumpur, Batam dan terakhir mendarat di Palembang.

“Setiap transit, 72 TKI ini diperiksa dan mereka baik-baik saja. Sejauh ini mereka tidak ada gejala Covid-19,” terang Mawardi saat diwawancarai di rumah sehat wisma atlet JSC, Kamis (2/4)

Kendati masih belum berstatus terjangkit COVID-19 atau Corona. Namun demi mengantisipasi para TKI ditetapkan sebagai ODP karena mereka berasal dari negara yang terjangkit COVID-19.

Direncanakan pada hari ini ke-72 TKI yang berstatus ODP akan rapid tested dengan cara dicek suhu tubuh, diambil sampel darah dan sebagainya.

“Jika mereka baik-baik saja, mereka berhak atau silakan saja kalau mau pulang. Namun jika merasa perlu dikarantina selama 14 hari, maka inilah tempat yang tepat,”ucapnya

Selain sebagai ketua Ketua ODP Corona Center. Selaku Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini juga pihaknya Pemprov Sumsel siap 100 persen menanggulangi wabah Covid-19 dengan langkah pencegahan dan penanganan.

“Untuk itu, selama karantina berlangsung, para ODP akan difasilitasi hingga benar-benar pulih hingga kurun waktu 14 hari.Menurutnya, dalam penanganan Covid-19, negara menjamin keselamatan warga negaranya,”pungkasnya (mol)