Detak-Palembang.com PALEMBANG – Guna meningkatkan kenyamanan dan menciptakan lingkungan bersih rumah ibadah yang ada di kota Palembang, Wakil Walikota Fitrianti Agustinda menginstruksikan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara bersama berbagi tugas dalam gotong-royong membersihkan rumah ibadah.

Hal ini mengingat tempat ibadah merupakan salah bertemunya umat dalam menjalankan ibadah.

Sengaja saya membentuk tim yang di dalamnya dilibatkan seluruh OPD untuk melakukan bersih-bersih seluruh rumah ibadah yang ada di kota kita.

“Saya ingatkan kepada masyarakat kota Palembang agar tidak takut dan cemas terhadap musibah yang sedang melanda diberbagai negara dengan menyebarnya virus corona. Selain itu juga ada beberapa cara untuk menghindari terserangnya penyakit itu dengan melakukan cuci tangan yang bersih,” ungkap Fitri, Jumat (6/3) saat memimpin gotong-royong bersih masjid Agung.

Ia menambahkan diantara OPD yang terlibat seperti Dinas Kominfo, Kebersihan, Pol PP dan Dinas Kesehatan.

Sementara itu Fitri mengajak masyarakat untuk tidak panik dengan adanya penyebaran virus ini dan saya pastikan keadaan kota kita aman dan kondusif dari kejadian itu.

“Kami berharap kepada Dinas terkait untuk mensosialisasikan hal ini agar sampai kepada semua masyarakat. Kegiatan ini merupakan awal dan kemudian akan kita lakukan ke masjid besar yang jemaahnya banyak, kita akan rencanakan kegiatan ini mulai dari hari sabtu sampai senin kecuali minggu ada kegiatan gotong-royong,” tambahnya.

Mengingat anjuran untuk melakukan kegiatan ini sudah turun dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang diketuai oleh Bapak Yusuf Kalla yang akan disosialisasikan kepada dewan masjid didaerah masing-masing untuk segera melakukan kegiatan ini.

“Ada 6 langkah sanitasi siaga dalam imbauan DMI yang menjadi pembahasan rapat. Pertama, teratur menjaga kebersihan Iantai masjid/mushalla dengan cairan disinfectant. Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lainnya dengan rutin (penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan). 

Ketiga, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfectant. Keempat, DMI mengimbau para jamaah shalat agar membawa sapu tangan.