Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., mengecek kesiapan pasukan yang akan melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia – Malaysia Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 200/Bhakti Negara, di Lapangan Markas Yonif Raider 200/BN, Gandus – Palembang, Rabu (4/3/2020).

 Kegiatan pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonif Raider 200/BN, baik personel maupun materiil yang akan digunakan dalam tugas operasi menjaga dan mengamankan perbatasan negara di wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

 Selain mengecek kesiapan personel dan alat perlengkapan, Kasdam II/Swj Brigjen Syafrial yang didampingi para Asisten Kasdam II/Swj dan para Dan/Kabalakdam II/Swj, juga memberikan pengarahan kepada seluruh personel Satgas Yonif Raider 200/BN yang akan melaksanakan tugas Pamtas di wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di perbatasan R I- Malaysia.

 Dalam arahannya, Kasdam II/Swj mengatakan, agar tugas yang akan dilaksanakan dijadikan kebanggaan. Selama bertugas di perbatasan RI – Malaysia, seluruh personel harus benar-benar memahami tugas pokok. Karena prajurit yang diberangkatkan adalah prajurit yang terpilih melalui beberapa tahapan seleksi, memiliki naluri tempur yang baik dan didukung kemampuan fisik dan mental yang prima.

 Kasdam II/Swj juga menekankan kepada prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI – Malaysia, untuk menjalankan tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab dan mematuhi semua aturan serta hukum yang berlaku serta hindari pelanggaran sekecil apapun.

 “Untuk itu, laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Taati hukum, junjung tinggi norma, aturan, adat istiadat dan hindari tindakan atau perilaku yang dapat merugikan diri sendiri maupun nama baik satuan,” pungkasnya.

 Diakhir arahannya, Kasdam berpesan kepada seluruh prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN, agar selalu meningkatkan Keimanan kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, menjaga kekompakan dan keharmonisan sesama serta memperhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil dengan demikian diharapkan keberhasilan dalam melaksanakan tugas akan tercapai.

 Sebanyak 450 Prajurit Yonif Raider 200/BN yang dikomandani oleh Mayor Inf Andi Irawan, dilibatkan dalam Satgas Pamtas RI – Malaysia ini. Mereka akan menjalankan tugas pengamanan perbatasan selama 9 bulan ke depan di wilayah Kalimantan Timur, sepanjang perbatasan RI – Malaysia.

 Sebelum diberangkatkan pada tanggal 28 Maret mendatang, pada pertengahan bulan Februari lalu, mereka melaksanakan pratugas selama 12 hari dari tanggal 18 sampai dengan 29 Februari 2020, dengan mengambil wilayah Latihan di Kecamatan Semendo Kompleks, Pertamina PGE Lumut Balai, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.