Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sebanyak 2400 alat Rapid Tes Covid-19 bakal segera diaplikasikan Pemprov Sumsel untuk mengetahui secara pasti sebaran wabah Corona di wilayah Sumsel. Hal itu disampaikan Gubernur Sumsel H.Herman Deru saat meninjau Posko Sumsel Tanggap Covid-19 di halaman kantor Gubernur Sumsel, Jumat (27/3) siang.

Namun karena jumlahnya yang masih terbatas, ribuan rapid tes ini baru akan digunakan untuk mereka yang masuk skala prioritas seperti Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pemantauan (PDP) serta tenaga medis, seperti Dokter Spesialis, Dokter dan perawat serta asisten perawat.

“Saat ini rapid tes sudah tersedia 2400 dan akan digunakan untuk tes sebaran Covid. Nanti setelah diterima, tes Covid akan segera kita laksanakan,” ujarnya.

Namun demikian untuk penggunaannya, Gubernur Sumsel.H.Herman Deru lebih memilih menggunakan sistem drive thru untuk menghindari munculnya persoalan baru.

“Saya lebih setuju kita tes rapid  di Sumsel ini pakai sistem drive thrue. Jadi tidak ada tes massal karena justru akan mengumpulkan orang lagi. Walaupun diberi jarak tetap ada resiko,” ujanya. 

Tak hanya memastikan soal penggunaan rapid tes di Sumsel dalam kesempatan itu, HD juga memastikan akan segera membagikan sanitizer dan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga. 

“Kita serahkan juga vitamin untuk menjaga daya tahan warga. Dengan vitamin kni kita harap stamina jadi lebih terjaga,” katanya.