Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru memastikan, ODP Center yang berada di Wisma Atlet Komplek Jakabaring Sport City Palembang saat ini sudah siap untuk digunakan. Termasuk kesiapan soal fasilitas, tenaga medis hingga tenaga lainnya yang dilibatkan dalam upaya pencegahan dan penanganan Corona Virus atau Covid-19 di Sumsel.

“Semuanya sudah lengkap. Unsur yang terlibat juga sudah siap. Dan saya minta Senin besok ODP Center ini sudah beroperasi,” kata HD, usai menggelar rapat di Jakabaring Sport City dan meninjau ODP Center, Sabtu (28/3).

Menurut HD, dalam upaya penanganan Covid-19 di Sumsel ini tidak bisa hanya mengandalkan ODP Center yang telah dibuat, penyebaran informasi juga berperan penting dalam perang melawan Covid-19 ini.

“Penyebaran informasi dalam pencegahan Covid-19 ini juga sangat penting baik oleh media mainstream maupun unsur lainnya. Karena memang semua unsur harus terlibat,” terangnya.

Termasuk juga peran masyarakat. Dimana dikatakannya, kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan dalam pencegahan Covid-19.

“Kesadaran masyarakat juga dituntut dalam upaya ini. Artinya jika ada masyarakat yang merasa telah melakukan perjalanan di daerah yang terpapar maka diharapkan dapat datang kesini untuk dilakukan pemeriksaan. Nantu tenaga medis disini akan menentukan apakah masyarakat itu dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah atau di karantina disini. Atau kalau diketegorikan PDP, akan menjalani pemantauan di rumah sakit,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel sekaligus Ketua Umum ODP Center H. Mawardi Yahya mengatakan, dalam pelaksanaannya ODP Center akan melibatkan TNI dan Polri. 

“Pengamanan juga melibatkan TNI, Polri, Satpol PP dan pihak keamanan lainnya. Jadi tempat ini memang betul-betul ketat. Hal ini untuk keamanan bersama,” beber HD.

“Yang pasti kita harus action sekarang. Saat ini pencegahan meluasnya wabah ini masih memungkinkan untuk dilakukan,” pungkasnya.