Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tiga dari tujuh orang warga Sumatera Selatan (Sumsel) yang termasuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih dirawat di Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang. Ketiga orang pasien terduga tertular COVID-19 itu mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta.

RS (41) alas Jakarta yang telah melakukan perjalanan ke Palembang, pada tanggal 15 Maret 2020 lalu jatuh sakit dan harus dirawat di RS Charitas Palembang dan kemudian dirujuk ke RSMH Palembang untuk diisolasi pada tanggal 16 Maret, namun akhirnya yang RS dinyatakan negatif Corona COVID-19.

Kepala Seksi (Kasi) Surveiance Dinkes Sumsel Yusri mengatakan, pasien kedua yaitu AL (13), warga asal Kota Lubuklinggau Sumsel.

Pasien tersebut menempuh pendidikan di Jakarta dan pulang ke Kota Lubuklinggau pada tanggal 15 Maret 2020.

“Pasien ini mengalami sakit dan dirawat di RS Siloam Silampari Kota Lubuklinggau dan sempat dirujuk di RSMH Palembang, pada tanggal 16 Maret 2020,” katanya, Jumat (20/3/2020).

Sedangkan pasien ketiga yaitu AR (30), warga asal Kota Palembang yang baru pulang dari Jakarta pada tanggal 14 Maret 2020. Pasien sendiri mengalami demam, dirawat ke RS Bunda dan akhirnya dirujuk ke RSMH Palembang pada tanggal 16 Maret 2020.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan, setelah menjalani beragam perawatan di ruang isolasi, akhirnya tiga PDP tersebut dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

“Ketiga pasien tersebut mulai dirawat intensif dan diisolasi di RSMHPalembangsejak 16 Maret 2020 lalu, serta sudah diambil dua kali pemeriksaan Spelimen,” katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Libangkes Jakarta yang diterima dari Public Health Emergency Operating Center (PHEOC) Kemenkes RI pada tanggal 20 Maret 2020, ketiga pasien tersebut dinyatakan negatif COVID-19.

Herman Deru memastikan, hingga sekarang belum ditemukan adanya warganya yang positif tertular Corona COVID-19. Namun dia tetap meminta masyarakat Sumsel, untuk tetap waspada.

Serta menjaga kesehatan masing-masing dan menerapkan pola hidup sehat, agar terhindar dari wabah virus tersebut.

“Saya himbau masyarakat Sumsel untuk terus menjaga kondisi tubuh, sebagai langkah pertama untuk menghindari tertularnya Corona COVID-19. Pesan saya agar jaga kondisi tubuh, pola makan, dan selalu biasakan hidup sehat,” ucapnya.