Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs Ratu Dewa MSi berharap Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dapat memotivasi masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan.

Demikian diungkapkannya saat Pembukaan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) se-Sumbagsel dan Persiapan Gotong Royong bersama Walikota Palembang, Jumat (28/2/2020), di Ruang Parameswara Setda Kota Palembang.

“Kami berharap pertemuan ilmiah tahunan ini dapat memberikan motivasi bagi masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan gotong royong. Dengan masyarakat melihat bahwa para dokter umun ikut peduli dengan kebersihan, diharapkan mampu membangun pesan moral bagi masyarakat,” ujar Dewa.

Sementara Ketua PDUI Sumsel dr Masagus M Hakim menjelaskan, pada 7-8 Maret akan digelar pertemuan regional Perhimpunan Dokter Umum Indonesia. Kegiatan itu akan disemarakan dengan simposium dan seminar nasional dengan narasumber skala nasional.

“Kegiatan akan dimulai dengan kegiatan subuh berjemaah, gotong royong, serta penanaman pohon serentak. Juga pada kegiatan tersebut digelar pemeriksaan kesehatan gratis,” ujarnya.

Sebagai komitmen untuk turut serta dalam upaya mengurangi sampah plastik, seluruh peserta diwajibkan membawa botol minum (tumbler) sendiri. Pihaknya menargetkan pertemuan ilmiah dokter umum tersebut diikuti lebih dari seribu peserta. 

“Terdapat sekitar 3.000 dokter umum di Sumsel, sebanyak 2.000 dokter ada di Palembang,” pungkasnya.