Detak-Palembang.com BELITANG – Dalam rangkaian lawatannya ke Kabupaten OKU Timur, Kamis (17/2) siang Gubernur Sumsel H.Herman Deru tidak hanya melakukan inseminasi buatan sapi, tapi Ia juga menyempatkan diri berbaur bersama warga memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Jamik At Taqwa Desa Nusa Bali Kecamatan Belitang III OKUT.

Dalam moment singkat itu, HD mengajak masyarakat memaknai Isra Mi’raj dengan selalu bersyukur kepada2 Allah SWT dan senantiasa menjaga kerukunan antar sesama. 

“Ini adalah momen kit membangun kekuatan dengan ukhuwah. Karena harta paling besar dan mahal itu adalah kerukunan. Percuma uang banyak kalau tidak rukun, punya rumah bagus tidak rukun. Jadi jagalah selalu kerukunan ini,” tutur HD.

Selain kerukunan, pesan lain yang disampaikan HD pada warganya adalah agar warganya selalu bersyukur, tidak iri juga sombong. Karena sifat yang demikian akan mendatangkan kerugian bagi diri sendiri.

“Kalau tiga sifat ini sudah tidak ada bisa dipastikan berdampak pada rusaknya kerukunan. Jadi memang harus dihindari gak boleh kita iri karena rezeki orang sudah Allah yang atur,” jelasnya.

Untuk menciptakan Desa Nusa Bali yang tentram, rukun dan solid tentu kata HD perlu peran semua pihak mulao dari umaro, ulama dan umat itu sendiri.

“Untuk menjaga ini semua, fasilitas saja tidak cukup harus ada komunikasi. Makanya Saya walaupun sudah menjadi Gubernur masih rajin datang blusukan ke daerah-daerah termasuk kesini,” katanya.

Dengan datang langsung dan berkomunikasi seperti ini, Ia sebagai kepala daerah akan lebih mudah menyerap keinginan warga. Termasuk soal jalan rusak yang bertahun-tahun dirasakan masyarakat.

“Sekarang kan sudah enak jalan sudah bagus semua. Aktivitas warga jadi lancar. Keluhan seperti inikan harus saya dengar karena Saya jadi Gubernur karena masyarakat disini juga. Begitupun di kabupaten lain, pelan-pelan kita perbaiki infrastrukturnya agar Sumsel maju secara merata untuk semua,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu HD juga sempat minta agar masyarakat senantiasa mendoakannya selalu menjadi kepala daerah yang amanah. Dan tidak melakukan seuatu yang melenceng dalam memimpin Sumsel termasuk amanah mengelola uang rakyat.

“Makanya sejak awal Saya mengajak maayarakat selalu bersyukur. Untuk apa agar terhindar dari hal yang dapat merugikan rakyat,” jelasnya.

Untuk menyelesaikan pembangunan Masjid At Taqwa yang tengah dalam proses, HD bersama sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel pun urunan membantu sejumlah dana. Dengan harapan masyarakat akan semakin nyaman memakmurkan rumah ibadah tersebut.

Meski cuaca cukup terik siang itu tak menyurutkan semangat warga untuk mendengarkan wejangan dari orang nomor satu di Sumsel tersebut. Mereka bahkN tak beranjak sampai tausiah dari KH Mukhayat asal Rumbia Lampung habis dipaparkan.