Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tim voli putra Jakarta BNI 46, mengalahkan tuan rumah Palembang Bank Sumsel Babel 3-0 langsung, (25-23, 25-19, 25-17), pada pertandingan terakhir seri ketiga putaran pertama Proliga 2020 di GOR PSCC Palembang, Minggu (9/2/2020) malam.

Palembang mengawali set pertama tidak begitu mulus, beberapa kali smes pemain asingnya, Carlos Alberto Araujo, diblok lawan yang bermain tanpa beban. Hingga akhirnya, BNI 46 membenamkan tuan rumah 25-23 di set pertama.

Pada set kedua Jakarta masih mendominasi permainan dengan jarak poin cukup jauh dari Palembang 21-15. Meski sempat dikejar, tetapi Randu dan kawan-kawan untuk kedua kalinya sukses mengalahkan Palembang Bank Sumsel Babel 25-19.

Awal set ketiga Jakarta BNI 46 sempat tertinggal empat poin, namun tim asuhan Samsul Jaiz, langsung segera menyusul hingga kedudukan 16-14. Setelah itu, Palembang Bank Sumsel Babel hanya mampu mendulang tiga poin untuk kemudian menyerah 17-25.

“Memang kami akui keunggulan lawan kali ini lebih baik dari lawan kami sebelumnya, pengalaman dan tingkat emosi pemain Jakarta BNI 46 membuat tim kami banyak gagal di pertahanan,” kata Pelatih Palembang Bank Sumsel Babel, Mashudi, usai pertandingan.

Menurutnya, beberapa kali pemain-pemainnya panik, sehingga sering membuat kesalahan yang seharusnya bisa dihindari. Kendati demikian, ia menolak timnya disebut gugup karena berstatus tuan rumah. Kekalahan ini membuat pemain asing selain Carlos Alberto Araujo akan dievaluasi, bahkan mungkin diganti pada putaran kedua.

“Demi menjaga asa tampil pada empat besar,” tandasnya.

Pelatih Jakarta BNI, Samsul Jaiz, mengaku senang atas kemenangan yang menggenapkan sukses atas Jakarta Garuda sebelumnya. “Seri di Palembang kami bisa menang dua kali dengan skor 3-0 semua, tentunya hasil positif ini masih akan dievaluasi untuk bersiap ke putaran kedua, hasil putaran pertama ini belum bisa jadi jaminan juara karena kami harus kerja lebih keras lagi,” kata Samsul Jaiz.

Atas dua kali kemenangan itu, Jakarta BNI 46 dinobatkan sebagai tim terbaik seri Palembang. BNI 46 berhak mendapatkan hadiah dari Gubernur Sumsel sebesar Rp25 juta. Sementara kategori tim terbaik putri diraih Jakarta Pertamina Energi.