Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pasca Kongres I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang digelar di Jakarta belum lama ini, SMSI Sumsel langsung menggelar rapat anggota. Rapat digelar di Geisha Lounge, Kompleks Ilir Barat Permai Palembang, Rabu (15/1/2020).

Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri SSos mengatakan, rapat tersebut  menindaklanjuti surat edaran SMSI pusat No 008/Formatur/SMSI-Pusat/I/2020 tanggal 4 Januari 2020 tentang Pendataan dan Verifikasi SMSI. “Menuju SMSI sebagai konstituen Dewan Pers, media siber di Sumsel diharapkan melakukan registrasi ulang,” ungkap Jon Heri di hadapan perwakilan media siber anggota SMSI Sumsel yang hadir pada rapat tersebut.

Menurutnya, ada empat item yang didata, meliputi media terverifikasi faktual, terverifikasi administrasi, berbadan hukum PT, dan belum berbadan hukum PT. “Bagi media siber anggota SMSI yang belum terverifikasi diharapkan segera melengkapi syarat dan mengumpulkannya ke SMSI Sumsel untuk diteruskan ke pusat dan disampaikan ke Dewan Pers. Karena SMSI merupakan salah satu perpanjangan tangan untuk memverifikasi media siber di daerah,” imbaunya.

Selain verifikasi dan pendataan, Jon Heri juga menyampaikan amanat SMSI pusat untuk menyukseskan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin. “SMSI pusat menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) dan berbagai acara saat HPN 2020. SMSI Sumsel mempersiapkan diri untuk ikut dan berpartisipasi,” tutupnya.