Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa, Kamis (2/1/2020) pagi, melakukan inpeksi mendadak (sidak) kedisiplinan pegawai di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang.

Sidak hari pertama kerja di awal tahun 2020, Ratu Dewa menemukan masih banyak disiplin pegawai yang belum memadai, dalam monitoringnya masih banyak pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non PNSD yang kurang disiplin di jam kerjanya bahkan kantor tersebut masih sepi.

Dalam monitoringnya juga ditemukan ada beberapa instansi yang belum melakukan aktivitas pelayanan publik bahkan kantor tersebut sepi belum ada staf yang hadir di pukul 07.30 Wib.

“Mereka kan memiliki tanggung jawab atas beban kinerja yang harus diselesaikan selain itu juga masa liburan bagi pegawai sudah selesai,” tegas Dewa.

Dewa menegaskan, jika diawal tahun ini semangat kerja harus lebih baik lagi guna melayani masyarakat yang akan mengurus administrasi publik.

“Tentunya diawal tahun ini semua staff baik ASN dan Non PNSD harus masuk tanpa terkecuali. Saya kira tidak ada lagi waktu untuk bersantai-santai apalagi tidak masuk kerja,” tegasnya.

Dia menegaskan, akan memberikan tindakan tegas, jika masih ada pegawai yang bolos.

“Saya tegaskan bagi pegawai yang masih bolos untuk segera ditindak lanjuti masing-masing pimpinannya agar dilaporkan ,jika masih dilakukan (tidak masuk tanpa keterangan) maka tindak tegas berlaku sampai penundaan kenaikan pangkat mereka bagi ASN dan Pemberhentian bagi pegawai Non PNSD,” tegasanya.

Nah, saat sidak disejumlah kecamatan Dewa juga mendapati ada beberapa jabatan yang kosong bahkan sampai dua tahun disebuah kecamatan.

“Tentunya hal ini akan kita laporkan ke Walikota untuk segera diatasi sehingga tidak mengganggu proses kinerja,” katanya.