Detak-Palembang.com BELU – Dalam rangka percepatan Luas Tambah Tanam (LTT), personel Pos Damar Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ memberikan bantuan tenaga kepada warga masyarakat yang berada di Dusun Beilaka Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu NTT untuk membersihkan lahan perkebunan.

Selain melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam menjaga wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai dengan Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan.

Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ juga melaksanakan tugas tambahan yaitu tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan berkoordinasi dan bekerjasama bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat dan Instansi Pemerintah dalam rangka mendukung pembangunan guna meningkatkan ekonomi warga masyarakat berupa percepatan luas tambah tanam milik warga masyarakat Dusun Beilaka.

“Kegiatan bantuan tenaga dalam percepatan luas tambah tanam tersebut dipimpin langsung oleh Serda Doly Afandi selaku Wadanpos Damar bersama 4 orang personel lainnya, serta beberapa orang warga masyarakat Dusun Beilaka” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Kegiatan percepatan luas tambah tanam yang dilakukan oleh personel kami di Pos Damar ini berupa memberikan bantuan tenaga pembersihan lahan untuk bercocok tanam milik Bapak Domingus Martein (53) yang merupakan salah seorang warga Dusun Beilaka,” paparnya.

Kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ untuk mendukung suksesnya program Pemerintah Pusat dan Daerah tentang Swasembada pangan PAJALE (Padi, Jagung dan Kacang Kedelai).

“Kegiatan percepatan luas tambah tanam merupakan bentuk kemanunggalan TNI bersama masyarakat di daerah penugasan, sehingga diharapkan dapat mengaatasi setiap bentuk permasalahan sosial ekonomi yang dihadapi oleh warga perbatasan,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (16/1/2020).

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan warga masyarakat perbatasan secara bersama-sama, khususnya permasalahan dibidang Swasembada pangan, sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur,” tambahnya.

“Saat musim penghujan seperti ini, kami berharap dapat berdampak positif bagi warga masyarakat perbatasan untuk mendapatkan kualitas baik serta hasil yang maksimal, dan kami selaku Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ memberikan dukungan penuh untuk para petani dalam mewujudkan Swasembada pangan PAJALE,” tegasnya.

Disela-sela waktu membersihkan kebun, Bapak Domingus Martein (53) mengucapkan terima kasih kepada personel Pos Damar Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang telah dengan sukarela membantunya.

“Kami sangat berterima kasih banyak kepada bapak-bapak TNI yang telah sukarela membantu kami dalam pembersihan kebun hingga selesai, saya doakan bapak-bapak TNI selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan,” tuturnya.

Sementara itu, Serda Dolly Afandy selaku Wadanpos Damar mengungkapkan rasa senangnya karena warga perbatasan telah menerima kehadiran mereka dengan tangan terbuka.

“Kami sangat senang warga masyarakat telah menerima kehadiran kami untuk bertugas disini, tentunya kegiatan ini kami laksanakan disela-sela menjalankan tugas utama dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-RDTL, dan kami juga merasa bangga dapat berbagi pengalaman dan cerita bersama warga masyarakat di daerah perbatasan khususnya warga Dusun Beilaka Desa Silawan,” tandasnya.