Detak-Palembang.com PALEMBANG – Diduga pipa minyak milik Pertamina yang berlokasi di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, ada yang bocor. Hasil pantauan di lokasi, tim teknis Combrel CSR Sumbagsel dan tim Health, Safety, Security and Environment (HSSE) masih bekerja dilokasi untuk mencari titik rembesan minyak pipa angkut produk bahan bakar minyak (BBM). 

Menurut Manager Combrel CSR Sumbagsel Rifki Rahman Yusuf saat diwawancara Jumat malam (10/1) dilokasi mengatakan, diduga terjadi rembesan di wilayah Pegayut, hasil pantauan tim patroli kami yang dilakukan tiap hari itu memang ada tumbuhan yang mati, untuk penyebabnya belum tau apa, ucapnya.

Tadi siang team teknis kami dan tim Health, Safety, Security and Environment (HSSE) kami mencoba mencari dan menyelidiki apa yang terjadi kenapa tanaman ini menjadi mati. Diduga ada rembesan dari pipa angkut produk bahan bakar minyak (BBM), kami belum bisa mengatakan secara detail karena ini memang masih dalam proses investigasi dan penyelidikan dari teman-teman tim HSSE dan tim teknis kami. 

Diperkirakan dalam satu atau dua hari ini bisa ketemu dan kita langsung melakukan penanganan penanggulangannya. Kalau dari mananya kami belum tau karena dibawah ini ada beberapa pipa minyak. Yang jelas jalur pipa dari Plaju ke Kertapati itu mungkin ada yang bocor.

Aroma Tak Sedap Ganggu Aktivitas Warga

Kebocoran dari pipa Pertamina ini sendiri tidak jauh dari perkampungan warga, yang persis di samping kantor dan gudang gas Pertamina, dengan keluarnya minyak Pertamina dari pipa membuat tanaman dan semak belukar banyak yang mati, bahkan dari aromanya pun membuat aktivitas warga terganggu.

Menurut Esi salah satu warga mengatakan, memang benar pipa ini milik Pertamina, aroma dari minyak ini sangat mengganggu aktivitas warga sekitar bilamana terbang tertiup angin kencang, bahkan pegawai perusahaan gas yang persis di depannya, diliburkan untuk sementara.

Kebocoran pipa Pertamina ini membuat para petugas dari Pertamina masih terus bekerja untuk perbaikan dan untuk mencari lubang yang mengeluarkan minyak.