Detak-Palembang.com JAKARTA – Ketua Palang Merah Indonesia Sumatera Selatan H. Febrita Lustia Herman Deru berharap terpilihnya ketua umum (Ketum) PMI 2019-2024 akan semakin memberikan kemajuan yang besar bagi PMI kedepan. Hal itu diungkapkannya usai menghadiri Musyawarah Nasional ke XXI (21) di Millenium Hotel Sirih 2019 di Jakarta, Senin (16/12).

Dalam kesempatan Munas ke XXI ini Pemerintah Kota Palembang di wakili oleh Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

“Bapak Jusuf Kalla memberikan harapannya kepada ketua terpilih nantinya, ia juga berharap Munas dapat berjalan dengan tertib dan aman, untuk kemajuan PMI kedepannya.

“Untuk teman-teman selamat bermunas, dan bila diawali dengan niat baik insya Allah apa yang kita harapkan bisa terwujud,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Palang Merah Indonesia (PMI) telah berkontribusi besar dalam sejumlah bencana kemanusiaan. Para sukarelawan yang tergabung dalam PMI terlibat dalam pemulihan wilayah bencana hingga bantuan kemanusiaan untuk sejumlah negara.

“Di bidang pelayanan kesehatan baik itu pelayanan kesehatan dalam kondisi darurat bencana, maupun pelayanan kesehatan lainnya seperti transfusi darah, PMI menjadi salah satu aktor utama yang membantu masyarakat,” ujar Ma’ruf.

Dengan peran yang telah diperkuat dengan Undang-undang No.1/2018 tentang Kepalangmerahan, kerja kemanusiaan di Indonesia diharapkan memperkuat kebersamaan. 

Ma’ruf juga memuji Ketua PMI Jusuf Kalla, yang dalam 10 tahun terakhir, telah berkiprah baik di dalam dan luar negeri. Ma’ruf mengharapkan peran besar PMI ini terus menguat seiring dilakukannya Munas untuk memilih ketua umum 2019-2024.