Detak-Palembang.com PALEMBANG – Sekretaris Daeah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa Mengecek Uji Coba Operasional Pompanisasi Sungai Bendung. Pompanisasi sungai bendung ini hampir selesai pengerjaanya, dan akan segera diopersikan secara resmi.

Dengan beroperasinya Pompanisasi ini, akan mengurangi genangan air di beberapa titik Kota Palembang, khususnya daerah yang aliran airnya bermuara ke Sungai Bendung.

Sekda yang di damping oleh Kepala OPD Dan Staff Khusus Wakikota Palembang meninjau pembangunan rumah Pompa Sekip Bendung dalam mengurangi genangan air yang terjadi di beberapa titik di Kota Palembang saat turun hujan dengan intensitas tinggi.

Sekda nyampaikan, “Tadi kita sudah keliling dan melihat dan mencoba sejauh mana Rumah Pompa Bendung yang sedang dikerjakan dapat berpungsi. Karena dengan Rumah Pompa Bendung ini, maka persoalan banjir di beberapa titik bisa kita atasi,” ungkapnya.

Ada 6 pompa besar yang bekerja, dimana setiap satu pompa bisa menyedot air dengan kecepatan 6.000 liter per detik, jika enam pompa difungsikan semua, maka kekuatannya mencapai 36.000 liter per detik.

Saat ini pembangunan Rumah Pompa Bendung sudah hampir rampung. Di mana, pompa tersebut mampu menyedot debit air di beberapa kolam retensi sampai 6.000 liter per detik. “Jadi ada enam pompa yang akan mengurangi genangan air dan mampu memompa air sampai dengan 1×6 meter kubik per detik di beberapa kolam retensi seperti di Simpang Polda, IBA dll,” terangnya. Kamis, 19 Desember 2019