Detak-Palembang.com MANILA – Setelah mengalahkan Kamboja 4-0 di babak semifinal, Sabtu (7/12/2019). Timnas Vietnam akan menghadapi tangguhnya Timnas Garuda U23 Indonesia di final sepak bola SEA Games 2019 yang akan akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/2019) pukul 19.00 WIB mendatang. 

Hasil ini membuat Timnas Vietnam tak terkalahkan sepanjang perhelatan SEA Games 2019. Sebagai pahlawan, Ha Duc Chinh menjadi bintang kemenangan Vietnam dengan mencetak tiga gol hattrick. Sementara, satu gol lainnya dicetak oleh Nguyen Tien Linh. 

Untuk mencapai final, Vietnam mengantongi lima kemenangan dan sekali imbang. 

Salah satu kemenangan Vietnam adalah saat melawan Indonesia pada laga ketiga Grup. Saat itu, Vietnam memberi kekalahan pertama dan satu-satunya Indonesia dengan skor 2-1. 

Adapun Thailand yang merupakan juara bertahan menjadi satu-satunya tim yang mampu menahan imbang Vietnam. Ini adalah keberhasilan keenam Vietnam mencapai partai final SEA Games. Berbeda dari Indonesia, Vietnam tidak pernah mengakhiri turnamen dengan medali emas.

Dari lima final tersebut, Vietnam kalah empat kali dari Thailand dan sekali dari Malaysia. 

Partai final ini sekaligus membuat mimpi pelatih timnas U23 Indonesia, Indra Sjafri, tercapai. 

Keinginan Indra Sjafri itu diungkapkan setelah Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam. Saat itu, Indra Sjafri berharap bisa bertemu Vietnam di partai final untuk membalas kekalahan. 

Sementara, sebelumnya akan berlangsung laga perebutan medali perunggu antara Myanmar vs Kamboja.