Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam beberapa riwayat hadits, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebut ada tiga  olahraga yang dianjurkan dan menjadi kegemaran Beliau, di antaranya berlatih memanah, berkuda, dan berenang.

Untuk memasyarakatkan olahraga sunah tersebut, khususnya olahraga memanah, panitia Sriwijaya Archery Festival 2019  akan mengelar Turnamen Olahraga Panahan Tradisional Tingkat Nasional yang akan digelar di Palembang dalam waktu dekat.

Hal tersebut terungkap dalam audensi panitia Sriwijaya Archery Festival 2019  dengan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru  yang berlangsung di Whyndam Hotel Jakabaring Palembang, Rabu(11/12).

Dikesempatan tersebut, Gubernur H Herman Deru  menyambut baik digelarnya Turnamen Olahraga Panahan Tradisional Tingkat Nasional di Palembang, terlebih ajang ini akan menumbuhkan minat warga Sumsel untuk olah fisik sebagai salah satu olahraga sunah nabi.

“Islam mengatur segala hal termasuk aktivitas fisik dan kesehatan pemeluknya. Namun bukan berarti non muslim tidak boleh, umat lain juga bisa mendapatkan manfaat dari  olahraga memanah ini,” tegasnya.

Herman Deru  berharap dengan diadakannya event ini maka dapat menarik minat masyarakat untuk mengenal olahraga panah sebagai olahraga yang mudah dilakukan. 

“Aku ingin mengajak masyarakat untuk mengenal panah ini sebagai olahraga yang mudah dan sebagai salah satu olahraga yang disunahkan Rosul,” tambah Herman Deru.

Sementara itu Ustadz Drs Solihin Hasibuan M Pd.i selaku Steering comitte menyebut, turnamen Panahan Tradisional Tingkat Nasional  menegaskan, event ini merupakan yang  perdana di laksanakan di Sumatera Selatan yang akan digelar pada tanggal 22 Desember 2019  mendatang bertempat di Stadion Kamboja Palembang.

“Turnamen ini akan diikuti kurang lebih 200-300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Sumsel sebagai tuan rumah karena pihak panitia akan memperlihatkan wisata religi di Sumatera Selatan yang sangat menonjol kepada seluruh atlet yang datang,” paparnya.

Ustadz Solihin menambahkan, Sriwijaya Archery Festival 2019 juga digelar dalam rangka mensyiarkan olahraga sunnah kepada seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya kota Palembang.

“Memanah merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Maka dengan olahraga memanah ini bisa olahraga sekaligus beribadah,” tegasnya.