Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD 2019 dengan tema “TNI AD Adalah Kita” yang jatuh pada tanggal 15 Desember 2019 mendatang, Kodam II/Swj menggelar berbagai kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang dipusatkan di Gedung Graha Patria Kel. Srimulya Kec. Sematang Borang Palembang, Kamis (12/12/2019) pukul. 08.00 WIB.

Selain melibatkan Prajurit dan PNS TNI, kegiatan Baksos berupa, Sunatan Massal, Donor Darah dan pembagian Sembako ini juga melibatkan berbagai pihak seperti Kepolisian, Dinas Kesehatan Pemprov Sumsel, Pemkot, BKKBN, PMI, HIPAKAD serta pihak terkait lainnya.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., mengatakan bahwa, kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bakti dalam rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2019 yang dilaksanakan secara serentak di jajaran Kodam II/Swj merupakan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Sosial Prajurit TNI AD membantu masyarakat dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat di lingkungan masyarakat.

Kegiatan Baksos ini juga bertujuan untuk membangun solidaritas, soliditas dan sinergitas Prajurit TNI dengan Polri, Aparat Pemerintah serta komponen masyarakat lainnya guna mempererat Kemanunggalan TNI dan rakyat.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam Bakti Sosial meliputi donor darah, pengobatan umum dan KB Kesehatan, sunatan massal, operasi bibir sumbing serta pembagian sembako. Sedangkan kegiatan Karya Bakti melaksanakan pembersihan sarana umum dan tempat ibadah, penghijauan dengan menanam pohon sebanyak 2000 bibit serta pembinaan lingkungan hidup.

“Puncak peringatan Hari Juang TNI AD nanti akan digelar dengan Syukuran dan Gowes sejauh 5-10 KM yang dipusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB) pada tanggal 17 Desember nanti”, ujar Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menjelaskan bahwa, dalam perspektif pertahanan negara, kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bakti ini merupakan wujud kepedulian Prajurit TNI AD untuk mendukung program pembangunan, sehingga diharapkan dapat mewujudkan keberhasilan pembangunan dibidang kesejahteraan masyarakat dalam upaya mewujudkan Ketahanan Nasional. 

Oleh karenanya, sambung Pangdam, marilah kita bersatu padu untuk bekerja sama sesuai peran dan fungsi kita masing-masing untuk terus berkontribusi demi tercapainya keberhasilan pembangunan di daerah kita. 

Selaku Pangdam II/Swj dan atas nama seluruh Prajurit TNI AD, Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bakti, sehingga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, aman dan lancar. 

“Semoga apa yang kita lakukan bersama ini berbuah kebaikan, mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa, serta benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat”, pungkasnya.

Kegiatan Bakti Sosial kali ini diikuti ribuan peserta, masing-masing untuk donor darah berjumlah 300 orang, pengobatan umum sebanyak 1.000 orang dan KB Kes sebanyak 50 orang, khitanan massal 100 orang dan pembagian sembako untuk masyarakat sebanyak 1.500, santunan untuk Veteran dan Warakawuri sebanyak 50 orang. Sedangkan untuk kegiatan Baksos Operasi bibir sumbing diikuti sebanyak 14 orang yang dilaksanakan di RS. AK Gani, Benteng Kuto Besak, Palembang.

Turut hadir dalam kegiatan Baksos tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc, M. Tr (Han)., Wakapolda Sumsel, Irdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Danlanal Palembang, Danlanud SMH Palembang, para Perwira Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU, para Dan/Ka Balakdam II/Swj, unsur Forkopimda Provinsi dan Kota Palembang serta Ketua dan Wakil Ketua beserta para pengurus Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Pengurus Daerah (PD) II Sriwijaya.

Tidak hanya di wilayah Sumsel, kegiatan Baksos dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ini, juga dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj seperti Kodim-Kodim jajaran Korem-Korem yang berada di wilayah Sumbagsel, baik Lampung, Jambi, Bengkulu dan Bangka-Belitung.