Detak-Palembang.com PALEMBANG – Untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakatterutama anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah, Pemerintah Kota Palembang selalu menggelar dan menghadirkan mobil perpustakaan keliling.

Mobil Perpustakaan Keliling adalah salah satu unit layanan masyarakat yang dihadirkan oleh Pemerintah Kota Palembang untuk mencerdaskan masyarakan dalam budaya literasi. Disetiap pelaksanaan kegiatan Gotong Royong yang diadakan Pemkot Palembang setiap hari minggu.

Antusiasme masyarakat terutama anak-anak menyambut kehadiran mobil perpustakaan keliling ini, semoga dapat membantu menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat melalui budaya literasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa pernah mengungkapkan, upaya menumbuhkan minat baca di tengah masyarakat yang sekarang sudah mulai pudar, untuk itu pemerintah Kota Palembang akan terus melakukan upaya untuk mengajak masyarakat gemar membaca.

“Selain perpustakaan keliling yang kita sediakan, kita minta OPD terkait seperti Dinas Pendidikan untuk mendorong para guru untuk mengajak anak didiknya untuk cinta perpustakaan, mereka harus rutin ke perpustakaan sebagai wahana membaca mereka,” Kata Dewa.

Selain itu, lanjut Dewa, pihaknya juga menghimbau lurah-lurah untuk menyediakan taman bacaaan di setiap kelurahan.

Kecanggihan Teknologi saat ini menjadi salah satu faktor masyarakat utamanya anak-anak meninggalkan membaca buku.

“Kecanggihan teknologi memang tidak bisa kita hindari, ambil nilai positifnya, namun di sisi lain jangan sampai meninggalkan buku sebagai bahan bacaan utama mereka, ini harus diimbangi” Kata Ratu Dewa.