Detak-Palembang.com JAKARTA – Pemerintah Kota Palembang yang diwakilkan oleh Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang Harrey Hadi dan Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Akhmad Bastari Yusak menyampaikan usulan program strategis kota Palembang yang Mendukung Prioritas Nasional 5 (PN 5) yaitu Memperkuat Infrastruktur untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi dan Pelayanan Dasar dalam Rapat Koordinasi ke Kementerian PPN/ Bappenas RI dalam rangka RPJMN 2020-2024.

Sehingga dalam hal ini Pemerintah Kota Palembang berharap Usulan Program Strategis Kota Palembang masuk dalam Prioritas Nasional pada RPJMN 2020-2024.

Seperti disampaikan oleh Direktur Perkotaan dan Perkim Tri Dewi Virgiyanti, Rabu, 11 Desember 2019 di Bappenas RI, pada dasarnya usulan tersebut di tampung terlebih dahulu untuk di bahas lebih lanjut ke masing-masing sektor yang menangani.

Sementara itu pada kesempatan berbeda, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa membidik rata-rata tingkat pertumbuhan ekonomi 6 persen dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Kalau bisa rerata enam persen,” kata Suharso dalam konferensi pers usai mengikuti sidang kabinet paripurna tentang RPJMN di Kantor Presiden, Jakarta, bulan lalu.

Suharso mengatakan, angka tersebut merupakan skenario optimistis yang disiapkan pemerintah. Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan tiga skenario pertumbuhan ekonomi untuk 2020-2024, yaitu pesimistis, optimistis, dan moderat. Skenario pesimistis yang dipaparkan mantan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pada Juli 2019 yaitu tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen, moderat 5,7 persen, dan moderat 6 persen.

Untuk mencapai target optimistis, Suharso mengatakan harus didorong melalui perbaikan kualitas sumber daya manusia, peningkatan investasi, peningkatan produktivitas tenaga kerja, dan perbaikan pasar tenaga kerja.