Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ribuan personel gabungan TNI-Polri melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2019 dalam rangka pengamanan Perayaan natal dan Tahun Baru 2020 di wilayah Provinsi Sumsel, Kamis (19/12/2019), bertempat di halaman depan Mapolda Sumsel Jln. Jenderal Sudirman Kec. Kemuning KM. 3,5 , Palembang.

Apel Gabungan TNI-Polri, dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 ini dipimpin langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto.

Gelar pasukan gabungan TNI/Polri dan sejumlah instansi terkait yang terlibat dalam operasi kemanusiaan tersebut dijadwalkan berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 19 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah, “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2019 Kita Tingkatkan Sinergitas Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020”.

Sejumlah pejabat TNI turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain, Danrem 044/Gapo, Asintel Kasdam II/Swj, Asops Kasdam II/Swj, Danpomdam II/Swj, Danlanal Palembang, Danlanud SMH Palembang, Kapendam II/Swj serta sejumlah pejabat utama Polda Sumsel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drd. Priyo Widyanto mengatakan bahwa, pasukan gabungan tersebut akan disebar ke sejumlah pusat kegiatan masyarakat terkait perayaan Natal dan Tahun Baru serta daerah rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Dengan adanya pasukan gabungan di tengah-tengah masyarakat melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Selama berlangsungnya operasi dengan sandi “Operasi Lilin Musi 2019” seluruh stakeholder diajak untuk berinovasi dan berkreasi guna mewujudkan kamtibmas serta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang lebih kondusif.

Dengan kondisi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang lebih kondusif, diharapkan masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru 2020 dengan aman, dan nyaman.

Kapolda juga mengungkapkan bahwa, pihaknya menyadari bahwa guna mewujudkan situasi aman serta menimbulkan perasaan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru tidak dapat bergerak dan bekerja sendiri.

“Untuk itu, Polda Sumsel bersama seluruh jajaran di 17 Kabupaten/Kota bersinergi dengan instansi terkait serta dukungan segenap komponen masyarakat lainnya”, ujar Kapolda.

Sementara itu, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menghimbau seluruh lapisan masyarakat Sumsel untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam kegiatan perayaan Natal dan Tahun baru 2020 mendatang.

“Marilah kita bersama menjaga keamanan dan ketertiban perayaan natal dan menatap tahun 2020 dengan penuh optimisme, semangat baru dalam suasana demokratis, sikap yang dewasa, serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Tak lupa Pangdam mengajak semua untuk berdoa agar perayaan natal dan malam pergantian tahun nanti berjalan dengan aman dan lancar.