Detak-Palembang.com PALEMBANG – Literasi Digital diharapkan dapat meningkatkan minat baca warga Sumatera Selatan (Sumsel). Karena itu peran  Perpustakaan  Daerah sangat dibutuhkan dapat pemenuhan bahan bacaan bagi masyarakat.

Dalam  talkshow  bertema “Gerakan Literasi Digital Provinsi Sumatera Selatan” yang digelar diatrium OPI Mall Jakabaring, Jumat (13/12) menghadirkan pembincara  Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab dan  Duta Literasi  Sumsel Hj. Percha Leanpuri, M.Bus serta Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional, Woro Titi Haryanti tersebut  Asisten III Administrasi Dan Umum Setda  Sumsel Prof. Dr. HM. Edwar Juliartha mengapresiasi gerakan membaca yang tengah digalakan Perpustakaan Daerah  Sumsel dengan literasi kekinian untuk menarik generasi millenial yang  saat ini lebih banyak membaca melalui  layar Gadget daripada membaca buku.

“Harapan kita membaca menjadi suatu kebutuhan bagi warga Sumatera Selatan.

Apalagi ditunjang dengan  one stop service, di perpusda Sumsel yaitu bukan hanya buku saja disediakan namun dilengkapi juga dengan wifi gratis, pojok-pojok baca, kantin-kantin mini dengan bertujuan supaya para pengunjung perpustakaan merasa betah sambil membaca,” ungkapnya.

Dikatakan, upaya lainnya Pemprov Sumsel juga akan membuat ruang tunggu dijadikan pojok baca di mall dan pasilitas umum lainnya.

Duta Literasi  Sumsel Hj Percha Leanpuri dalam materinya  mengatakan pada  tahun 2020  mendatang Pemprov Sumsel melalui Perpustakaan Daerah-nya telah  memprogramkan  pembangunan perpustakaan modern dan lebih ramah sebagai upaya menarik masyarakat untuk datang keperpustakaan.

“Pada hari ini kita launching pojok membaca dan itu juga akan disinkronkan dengan program Dinas Komunikasi dan Informatika yakni internet desa, dimana untuk internet desanya akan disandingkan dengan pojok baca,” ungkap Hj Percha.

Hj Percha menegaskan, bagi kalangan anak muda banyak membaca merupakan salah satu modal dalam mencapai target masa depan.

“Untuk memuluskan dalam mengejar impian tersebut salah satunya dengan banyak membaca. Tujuannya tidak lain agar mendapatkan pengetahuan dan kemampuan sesuai yang diinginkannya,” tandasnya.

Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab dalam paparannya menajak generasi millenial di Sumsel untuk meningkatkan minat bacanya dengan menggunakan fasilitas yang sudah ada terlebih dengan menggunakan media sosial yang saat ini tengah berkembang pesat ditanah air.

“Bicara tentang literasi digital tentunya kita harus bisa melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan minat baca anak-anak, sehingga anak-anak bisa memahani informasi yang baik dan benar,” ujarnya.

Ia berpesan terhadap anak-anak untuk menggalakkan semangat duta baca, dengan menuangkan kemampuan  terhadap anak-anak yang lainnya dan sekolah lainnya.

Kehadiran Najwa kali ini menarik perhatian peserta yang hadir Terutam dari kalangan para pelajar se-Kota Palembang.

Dilain pihak Plt Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sumsel Hj. Mislena, mengatakan guna menarik  minat baca di Sumsel. Perpustakaan Daerah Sumsel telah tersedia ruangan bioskop mini untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak.

“Kalau untuk dewasa tadi ada bimbingan-bimbingan dan sudah kita siapkam mulai dari sekarang,” ujarnya.