Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tidak mampu membayar cicilan motor, Dedy Ariady (32) warga Jalan KH Azhari, Lorong Amal Setia, Kelurahan 11 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang nekat preteli sparepart kendaraannya.

Akibatnya saat dilakukan pengecekan oleh PT Nusa Surya Ciptadana (NSC) Finance banyak sparepart sudah diganti terlapor yang mengakibatkan PT NSC Finance mengalami kerugian mencapai Rp 12 juta.

Kejadian ini berawal ketika terlapor tidak mampu membayar lagi cicilan motor miliknya, kemudian terlapor menelpon pihak leasing untuk mengambil motor yang ditinggalkannya di pinggir Jalan yang tidak jauh dari rumahnya.

“Mendapatkan telepon dari terlapor ini pak, kami langsung mengambil motor yang ditinggalkan dia pak di pinggir jalan pada 29 November 2019 lalu sekitar pukul 18.30 WIB,” ujar Karyawan PT NSC Finance, Rica Anjani (27) sambil menunjukkan surat kuasa dari perusahaan kepada petugas piket Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Resor Besar Kota (Polrestabes) Palembang, Rabu (4/12).

Kemudian motor di bawa ke kantor PT NSC Finance yang beralamat di Jalan RA Abusama, Lebong Siarang Palembang. “Setelah sampai di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kami lakukan pengecekan terhadap motor itu pak, ternyata motor itu sudah dipreteli oleh dia pak,” katanya.

Dirinya menuturkan, terlapor melakukan transaksi kredit motor di PT NSC Finance dengan durasi jangka waktu 35 bulan dengan cicilan perbulan Rp 731 ribu. “Dia baru tiga bulan membayar cicilan dan selanjutnya menunggak sehingga dilakukan penarikan motor tapi kondisi motor sudah dipreteli sparepartnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kasat Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Palembang, Kompol Yon Edi Winara melalui Kepala SPKT Polrestabes Palembang, AKP Heri membenarkan adanya laporan korban mengenai tindak pidana penggelapan dilakukan oleh konsumennya.

“Laporan sudah kita terima dan akan ditindaklanjuti oleh unit Reskrim, untuk pelakunya sendiri dikenakan pasal 372 KUHP dengan ancaman penjara selama empat tahun penjara bila terbukti bersalah,”pungkasnya